Hindari Penyakit Menular Seksual Karena Seks Oral

128

Hindari Penyakit Menular Seksual Karena Seks Oral

Seks oral adalah suatu hal yang sering dilakukan oleh pasangan sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual. Namun yang harus diwaspadai ternyata ada beberapa penyakit yang dapat disebabkan karena seks oral, seperti:

Herpes

PMS (Penyakit Menular Seksual) yang paling sering ditularkan melalui seks oral.

Ada dua jenis utama dari virus herpes simpleks (HSV):

HSV tipe 1, yang biasanya menyebabkan luka di sekitar mulut,
HSV tipe 2, yang umumnya menyebabkan luka di sekitar alat kelamin.
Jika seseorang memiliki HSV tipe 1 dan mereka memberikan atau menerima seks oral ke atau dari orang lain, herpes dapat ditularkan ke daerah genital dari orang lain, menyebabkan luka genital. Proses ini juga dapat bekerja secara terbalik, dengan HSV-2 transmisi dari alat kelamin ke mulut orang lain selama seks oral, meskipun hal ini jarang terjadi.

Gonore

Dapat dengan mudah ditularkan melalui seks oral. Penyakit ini biasanya ditularkan dari alat kelamin yang terinfeksi ke tenggorokan seseorang, tetapi dapat juga ditularkan dari tenggorokan yang terinfeksi ke alat kelamin seseorang.

Sifilis

Mudah menular selama seks oral jika mulut seseorang ada luka terbuka atau ruam kulit yang kontak dengan seseorang yang memiliki sifilis

Human papillomavirus

Dapat menyebabkan kulit kelamin yang ditularkan melalui seks oral, hal ini dapat terjadi meski tidak sering.

Klamidia

Penyakit yang satu ini juga dapat ditularkan melalui seks oral. Sering kali seseorang yang memiliki klamidia mungkin tidak memiliki gejala apapun dan mungkin tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi dengan penyakit tersebut.

Virus Hepatitis A

Ditemukan dalam kotoran manusia, dan dapat ditularkan selama seks anal dan oral

Hepatitis B dan Hepatitis C

Mungkin akan ditularkan selama seks oral dengan cara yang mirip dengan HIV..

Infeksi dan parasit gastrointestinal

Dapat ditularkan selama kontak oral dengan anus.

HIV

Transmisi melalui cairan seksual (air mani atau cairan vagina) atau darah (dari haid atau luka di suatu tempat di daerah kelamin atau daerah anus) ke dalam luka, borok di mulut atau tenggorokan mereka.

Sumber: ndtv