Hindari Tidur Setelah Makan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

498

Tidur setelah makan merupakan suatu kebiasaan yang harus anda hindari. Memang setelah makan, umumnya anda akan merasa mengantuk. Rasa mengantuk yang anda rasakan adalah normal karena kadar gula dalam darah yang meningkat sementara. Berikut bahaya yang muncul karena kebiasaan tidur setelah makan.

  1. Tidak cukup waktu untuk mencerna makanan

Tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang Anda makan, posisi Anda juga menentukan proses ini. Posisi berdiri atau duduk (upright position) adalah posisi yang paling ideal untuk mencerna makanan. Jika Anda tidak melakukan aktivitas dan hanya tidur, maka proses tersebut akan terganggu. Kaloripun tidak akan terbakar maksimal dan diubah menjadi lemak yang akan menumpuk dalam tubuh.

  1. Rasa panas di bagian dada (heartburn)

Tidur setelah makan dapat memicu terjadinya rasa panas di bagian dada yang disebabkan oleh karena produksi asam lambung yang berlebihan. Rasa panas tersebut akan terus meningkat dan menyebar hingga bagian tenggorokan. Iritasi asam lambung ini akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya yang lebih serius, termasuk rusaknya mukosa tenggorokan akibat paparan asam.

  1. Serangan Stroke

Sebuah studi di University of Ioannina Medical School in Greece yang meneliti  500 orang; 250 di antaranya pernah mengalami serangan Stroke dan 250 pasien lainnya memiliki riwayat penyakit jantung koroner, mendapatkan sebuah data bahwa pasien yang memiliki waktu cukup panjang antara makan hingga tidur memiliki resiko serangan Stroke yang lebih rendah. Banyak teori yang dipaparkan terkait hal ini, di antaranya adalah teori yang terkait dengan refluks asam lambung yang meningkatkan resiko sleep apnea, dimana kejadian sleep apnea dikaitkan dengan kejadian Stroke. Teori lain menyebutkan bahwa proses pencernaan makanan yang terjadi saat tidur dapat mempengaruhi tekanan darah, fluktuasi kadar gula darah, serta kadar kolesterol dalam plasma. Hal ini tentunya akan memberikan kontribusi pada beberapa penyakit metabolik yang dapat terjadi kemudia. Namun, masih ada banyak penelitian yang perlu dilakukan untuk membuktikan beberapa teori ini.

Ternyata kebiasaan tidur setelah makan memiliki beberapa bahaya kesehatan yang cukup serius. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berhenti makan 2-3 jam sebelum waktu tidur Anda.. Ingatkan orang terdekat Anda tentang gaya hidup yang tidak sehat ini. Mari kita bersama-sama hidup sehat! (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://livestrong.com/article/556026-the-disadvantages-of-sleeping-immediately-after-a-meal/
  2. https://deherba.com/bahaya-tidur-setelah-makan-yang-harus-anda-ketahui.html/
  3. https://doktersehat.com/bahaya-tidur-setelah-makan/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store