Hipertensi & Penyebabnya

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

506

Penyakit Darah Tinggi atau dalam dunia medis dikenal dengan nama Hipertensi adalah sebuah penyakit yang umum dikenal orang, dimana tekanan darah berada pada nilai 140/90 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih kuat ke seluruh tubuh, hingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke dan gagal jantung. Hampir semua orang dapat mengalami hipertensi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut angkanya saat ini terus meningkat secara global. Peningkatan orang dewasa yang mengidap hipertensi diprediksi melonjak hingga 29 persen pada tahun 2025.

Hipertensi disebut sebagai “silent killer” atau “pembunuh diam-diam” karena penyakit ini tidak menyebabkan gejala jangka panjang tetapi mungkin mengakibatkan komplikasi yang mengancam nyawa seperti penyakit jantung. Penyakit hipertensi biasanya tidak menunjukkan ciri apapun atau atau hanya mengalami gejala ringan. Namun, hipertensi yang parah mungkin menyebabkan sakit kepala berat, pusing, penglihatan buram, mual, telinga berdenging, kebingungan, detak jantung tak teratur, kelelahan, nyeri dada, sulit bernapas, darah dalam urin, sensasi berdetak di dada, leher atau telinga.

Asal usul hipertensi tidak jelas bagaimana mekanismenya tetapi ada faktor resikonya seperti pola makan yang buruk dan gaya hidup tidak sehat misalnya merokok di mana merokok satu batang saja dapat menyebabkan lonjakan langsung tekanan darah dan dapat meningkatkan kadar tekanan darah sistolik sebanyak 4 mmHg. Nikotin dalam produk tembakau memacu sistem saraf untuk melepaskan zat kimia yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan berkontribusi terhadap hipertensi.

Kebanyakan makan makanan asin, yang mengandung natrium (makanan olahan, makanan kalengan, fast food), dan makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan juga dapat meningkatkan kolesterol dan/atau hipertensi. Hipertensi juga bisa muncul sebagai efek samping pil KB atau obat flu yang dijual di  toko obat. Wanita hamil yang menggunakan terapi pengganti hormone mungkin juga mengalami hipertensi.

Karena hipertensi adalah penyakit tersembunyi dan sulit terdeteksi. Anda perlu memeriksakan tekanan darah darah Anda secara teratur bila Anda berisiko terkena hipertensi. Cari pertologan medis adanya segera atau perawatan rumah sakit jika Anda menyadari adanya tanda atau gejala yang tidak biasa. (EDA/CM)

Sumber:

  1. Quamila A, Savitri T. Apa itu hipertensi (darah tinggi)? https://hellosehat.com/penyakit/hipertensi-darah-tinggi/
  2. Willy Tjin, Hipertensi. https://www.alodokter.com/hipertensi/diagnosis
  3. Apakah Tekanan Datah Tinggi Dapat Disembuhkan? https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/16/220000020/apakah-tekanan-darah-tinggi-dapat-disembuhkan- 

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store