Hobi memelihara burung? Cobalah memelihara burung walet!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

92

Burung walet merupakan burung yang banyak ditemukan di beberapa dataratan China, India, Amerika Utara, Eropa, dan Indonesia. Burung ini sering hidup di gua maupun di bangunan tinggi yang jarang dipakai dengan kelembaban yang cukup. Saat ini telah banyak budidaya burung walet dikarenakan manfaatnya yang luar biasa dan harganyan yang cukup tinggi. Yang menjadi daya tarik dari burung ini adalah sarangnya untuk tempat bertelur yang terbuat dari liurnya yang mengeras. Sarang ini yang memiliki berbagai macam manfaat. Berikut penjelasannya!

1.      Sarang walet Mengandung asam amino penting

Sarang walet yang terbuat dari liur walet mengandung protein khusus yang terbuat dari berbagai macam asam amino, seperti asam aspartat dan prolin yang berguna untuk regenerasi sel; sistein dan fenilalanin untuk meningkatkan kerja memori, kerja impuls saraf, dan kerja penyerapan vitamin D dari sinar matahari; tirosin untuk mempercepat pemulihan setelah sakit; dan glukosamin untuk membantu proses pemulihan tulang rawan. Selain asam amino, sarang walet juga mengandung glikoprotein, jenis protein yang lebih mudah larut, serta kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibanding kandungan dalam sup ayam dan ikan.

2.      Membantu kesehatan reproduksi

Menurut penelitian yang telah diuji dilabolatorium Chinese University of Hongkong pada tahun 2003. Sarang burung walet dapat membantu menyehatkan sistem reproduksi dikarenakan dapat mengoptimalkan fungsi tubuh dan hormon dalam tingkat yang sehat sehingga sistem reproduksi dapat optimal.

  1. Berkhasiat untuk pengobatan

Sarang burung walet secara tradisional diyakini dapat berguna untuk pengobatan paru-paru serta menyembuhkan dan memperkuat pertahanan tubuh dari segala penyakit yang berhubungan dengan darah rendah, suhu tubuh tinggi dan penyakit lain. Konsumsi sarang burunug walet juga sangat dianjurkan untuk membantu mengobati penyakit seperti kanker juga memulihkan kesehatan setelah operasi. Bahkan penilitian terbaru di Hongkong juga menyarankan untuk mengkonsumsi sarang burung walet dalam mungkin saja dapat membantu dalam proses pengobatan penyakit AIDS.

4.      Membantu mempertahankan kecantikan kulit

sarang burung walet mengandung threonine yang mendukung produksi kolagen dan membentuk elastin yang penting untuk merekonstruksi struktur sel-sel kulit jadi lebih baik dan saat dikombinasikan dengan kandungan glycine, ampuh mencegah kerutan, jerawat dan mengurangi terbentuknya flek-flek hitam. Kulit jadi lebih mulus dan halus.

  1. Membantu meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh

Menurut sebuah Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sarang burung walet mengandunug glikoprotein yang larut dalam air yang dapat mempromosikan pembelahan sel dalam sistem kekebalan tubuh. Tentu saja hal ini semakin memperkuat kepercayaan bahwa sarang burung walet dapat berguna untuk mendorong pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tuuh. Selain itu, sarang burung walet juga dipercaya dapat memperkuat fungsi tubuh, memberikan ketahanan terhadap penyakit juga memberikan efek positif terhadap metabolisme tubuh. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-sarang-burung-walet/ 


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store