Hubungan Antara Olahraga Dan Pola Hidup Sehat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

134

Pola hidup sehat sangatlah berhubungan dengan olahraga. Melakukan olahraga dan menjaga pola makan merupakan kegiatan utama untuk hidup sehat. Olahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain sebagai kegiatan rekreasi yang bisa membebaskan pikiran, olahraga juga dapat membuat badan kita menjadi sehat. Akan tetapi, kita sering tidak sempat melakukan olah raga dengan berbagai alasan, karena tugas ataupun pekerjaan.

Olahraga erat hubungannya dengan pola hidup sehat karena dengan olahraga yang dilakukan dengan teratur dapat membuat hidup kita menjadi sehat dan jauh dari berbagai penyakit. Alangkah baiknya jika kegiatan berolahraga dilakukan secara rutin, karena gaya hidup sehat tidak dapat dibentuk oleh sekali dua kali olahraga, tetapi oleh olahraga yang dilakukan secara rutin.

Beberapa jenis olahraga identik dengan laki-laki dan beberapa identik dengan perempuan. Padahal, sebetulnya berbagai macam jenis olahraga itu tidak mengenal pemisahan atau perbedaan jenis kelamin. Laki-laki, perempuan, tua, muda bebas memilih dan melakukan olahraga yang disukai, tentu saja bagi orang tua dan anak-anak mungkin diperlukan penyesuaian dengan kekuatan tubuh atau staminanya.

Berolahraga secara teratur dapat membuat jantung kita semakin sehat dan kuat. Olahraga juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes atau kencing manis dan osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Beberapa contoh olahraga sederhana yang dapat kita lakukan antara lain jogging, berjalan, yoga, lari, dan lain sebagainya. Sediakan waktu paling tidak 15 menit dalam sehari atau 1 jam dalam seminggu untuk melakukan olahraga ringan ini.

Setiap jenis olahraga yang kita lakukan mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Yang perlu kita lakukan adalah memilih jenis olahraga apa yang cocok bagi tubuh kita tanpa mengganggu kegiatan kita yang lainnya. Misalnya untuk orang kantor yang sibuk, Anda dapat memanfaatkan kegiatan naik turun tangga antar lantai sebagai olahraga ringan Anda. Selain itu, untuk para ibu rumah tangga, Anda dapat melakukan olahraga sembari Anda menyapu, mengepel, ataupun berkebun.

Tidak hanya sebagai gaya hidup sehat, olahraga juga memiliki berbagai manfaat lain. Beberapa penelitian penunjukkan bahwa olahraga meningkatkan daya pikir otak, meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan risiko stres, memperlambat proses penuaan, dan membentuk tubuh yang ideal.

Maka dari itu lakukanlah olahraga secara teratur sebagai pola hidup sehat. Cukup 15 menit setiap hari Anda menyempatkan melakukan olahraga ringan. Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter, apabila Anda ingin dapat berolahraga meski memiliki kondisi kesehatan khusus. Bila olahraga sudah menjadi aktifitas rutin Anda, Anda akan bisa dirasakan manfaatnya, baik sekarang maupun di masa yang akan datang. Bukankah lebih baik memiliki hidup sehat saat ini daripada sakit di hari nanti? (AI/STE)

Sumber: https://dwirosidayanti.wordpress.com


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store