Hubungan Protein dan Kedelai Dengan Osteoporosis

234

Protein
Sebuah teori yang mengatakan bahwa protein hewani buruk bagi kesehatan tulang anda merupakan hal yang salah. Protein tidak menyebabkan penipisan tulang, justru sebaliknya.

Sekitar 50% tulang terdiri dari protein. Proses perbaikan tulang membutuhkan kadar asam amino yang cukup, yang merupakan bagian dari protein.

Konsumsilah setidaknya 0.8 gram protein/kg berat badan setiap harinya, bagi pria dan wanita yang berusia lebih dari 19 tahun.

Beberapa makanan yang mengandung protein adalah tuna, daging ayam, kalkun, daging sapi, daging babi, salmon, yogurt, susu, dan telur.

Kedelai
Walaupun berbagai produk kedelasi seperti tahu, tempe, dan susu kacang mengandung banyak protein pembentuk tulang, kedelai juga mengandung suatu bahan tumbuhan yang dapat menghambat penyerapan kalsium.

Oksalat yang terdapat di dalam kedelai akan berikatan dengan kalsium dan membuat jaringan tubuh tidak dapat menggunakannya. Gangguan kesehatan tulang dapat terjadi bila anda mengkonsumsi banyak kedelai, tetapi tidak mengkonsumsi cukup kalsium. Bila anda mengkonsumsi banyak kedelai dalam menu makanan anda, pastikan anda mengkonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium setiap harinya.

Sumber: webmd