Hubungan Seks Pasca Melahirkan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

138

Melahirkan adalah salah satu tahap paling penting dalam kehidupan wanita. Proses yang sebenarnya alamiah ini, tetap ditakuti oleh para wanita dari masa ke masa. Beberapa wanita mengaku takut akan rasa sakit, namun tidak sedikit yang sangat menanti-nanti kelahiran anak yang sedang dikandung. Namun setelah melahirkan, muncul masalah baru. Suami yang sudah “puasa” selama beberapa bulan baik karena untuk menjaga kehamilan, maupun mendukung kehamilan istri, sudah menunggu untuk kembali melakukan aktivitas di atas ranjang.

 

Walaupun tidak ada batas waktu yang jelas untuk hubungan seks, para ahli merekomendasikan untuk menunggu empat sampai enam minggu setelah melahirkan. Jeda waktu ini berlaku untuk semua cara melahirkan baik melalui persalinan per-vaginam, maupun operasi sesar. Waktu menunggu ini berdasarkan pada komplikasi pasca melahirkan yang banyak terjadi pada dua minggu pertama. Jeda waktu yang cukup lama ini dipilih agar tidak memicu komplikasi yang dapat muncul Selain itu, tubuh butuh waktu untuk beradaptasi dengan berbagai luka yang muncul pasca melahirkan. Jeda waktu ini dapat menjadi lebih lama jika saat persalinan sang istri mengalami robekan vagina yang perlu dijahit.

 

Hal kedua yang menjadi ketakutan wanita adalah rasa sakit saat berhubungan seks pasca melahirkan. Perubahan hormonal yang terjadi pasca melahirkan dapat membuat vagina terasa kering saat berhubungan seks. Vagina yang kering dapat menimbulkan rasa sakit saat berhubungan seks. Jika terdapat robekan vagina saat melahirkan, rasa sakit ini dapat meningkat.  Namun rasa sakit saat berhubungan seks pasca melahirkan ini dapat dikurangi dengan melakukan beberapa hal, di antaranya:

  • Persiapkan diri sebelum berhubungan seks. Kosongkan kandung kemih, minum obat pereda nyeri, atau mandi air panas sebelum hubungan dapat membantu mengurangi rasa sakit saat berhubungan seks pasca melahirkan.
  • Gunakan pelumas. Menggunakan pelumas saat berhubungan seks dapat mempermudah hubungan seks dan meredakan rasa sakit. Namun pilihlah pelumas yang sudah terdaftar secara resmi.
  • Buatlah alternatif. Diskusikan dengan pasangan alternatif lain selain penetrasi vagina.
  • Sediakan waktu. Sediakan waktu khusus untuk berhubungan seks, sehingga dapat mengurangi kecemasan angkan rasa nyeri.

 

Selain rasa sakit, kontrasepsi pasca melahirkan adalah hal penting yang harus dipikirkan. Merupakan sebuah hal yang berbahaya untuk hamil lagi di saat wanita sedang menyusui. Menyusui memang 99% dapat melindungi dari kehamilan, selama wanita belum mengalami mesntruasi. Namun menurut pendapat para ahli, angka ini dapat bervariasi. Oksitosin adalah hormon yang dikeluarkan saat menyusui, hormon ini juga dikeluarkan oleh wanita saat melahirkan. Jika seorang wanita menyusui saat hamil, hormon ini dapat keluar dan menyebabkan kontraksi rahim sehingga dapat menyebabkan keguguran. Menggunakan KB pasca melahirkan, yaitu sejak hari ke-0 hingga hari ke-42 adalah hal yang sangat disaranakan. Untuk metode KB yang digunakan dapat beragam, dan semua metode KB aman untuk digunakan pasca melahirkan.

 

Hubungan seks setelah melahirkan adalah hal yang lumrah ditunggu oleh pasangan suami istri. Namun sebaiknya hal ini dilakukan empat sampai enam minggu setelah melahirkan. Rasa sakit mungkin dapat dialami sang istri, oleh karena itu hubungan seks pasca melahirkan sebaiknya dipersiapkan sebelumnya. Selain itu, KB pasca melahirkan juga penting untuk dipersiapkan untuk mencegah kehamilan sambil menyusui. (RPG)

Sumber

MAYO CLINIC STAFF. 2018. Mayo Clinic. [online]. [Accessed 06 December 2018]. Available from World Wide Web: <https://mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/in-depth/sex-after-pregnancy/art-20045669>


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store