Ingin Panjang Umur Dan Awet Muda Selalu? Bisa, Asal Anda Ikuti Cara Ini…

108

Siapa yang tidak ingin memiliki usia yang panjang dan bisa terlihat awet muda selalu? Pasti semua orang ingin seperti itu. Tetapi di jaman yang modern ini dimana seringnya orang makan makanan siap saji, bekerja terlalu sibuk, stres tinggi, radikal bebas bisa saja mempengaruhi kesehatan tubuh Anda.

Sebelum Anda menjadi terlihat tua dan membantu menghindari Anda dari berbagai penyakit. Tapi tentu saja untuk hidup sehat perlu usaha.

Berikut adalah cara yang harus Anda lakukan:

1. Perawatan Kulit Rutin

Penuaan di kulit wajah paling mudah terlihat, sehingga sangat penting untuk melakukan rutinitas perawatan kulit yang tepat untuk membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan kulit. Untuk perawatan kulit yang tepat, penting untuk menjaga kulit Anda dengan menggunakan pelembap, yang menjaganya tetap terhidrasi dan lembut.

Selain pelembab, mencuci muka dengan pembersih yang lembut 2x sehari untuk menjaga kulit Anda bebas dari kotoran, debu dan iritan lainnya. Jangan pernah pergi ke tempat tidur tanpa menghapus makeup Anda karena dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit dan mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan. Selain itu, penting untuk melakukan pengelupasan kulit Anda dengan lembut seminggu sekali untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati. Terakhir, selalu menggunakan produk make up yang tepat untuk jenis kulit Anda.

2. Perlindungan dari sinar matahari

Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan menyebabkan bintik-bintik, kulit kendur dan keriput. Paparan sinar matahari berlebihan juga menyebabkan risiko lebih tinggi terkena kanker kulit. Tanda-tanda penuaan yang terlihat dapat dicegah dengan penggunaan rutin lotion tabir surya.

Gunakan tabir surya spektrum luas yang baik dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Mengoleskannya setiap hari, meski cuaca tidak panas. sebelum pergi.

3. Tidur yang baik

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa harus tidur selama 7-9 jam setiap malam. Hal ini dapat menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung dan kencing manis. Plus, tidur siang dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda.

Tidur juga memiliki dampak langsung pada kesehatan kulit Anda. Selama tidur, tubuh melepaskan beberapa hormon yang membantu memulihkan kolagen dan elastin, bahan penting dari kulit yang sehat dan kuat.

Mulai memperlakukan tidur sebagai kebutuhan dasar manusia yang dibutuhkan. Setelah hari yang panjang dan kerja keras, maka tidur nyenyak selama 7-9 jam. Mandi sebelum tidur, mendengarkan musik yang menenangkan atau melakukan 10 menit mediasi dapat membantu Anda tidur lebih baik. Kualitas tidur di malam hari akan melepaskan beban pikiran dan tubuh Anda segar keesokan harinya.

4. Mengikuti Diet Mediterania

Nutrisi memainkan peran utama dalam bagaimana mejaga kulit Anda agar terlihat muda, Untuk membantu menunda penuaan maka diet Mediterania sangat bermanfaat.

Diet Mediterania menekankan mengonsumsi makanan terutama berbasis tanaman, seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Makan ikan 2x seminggu dan kurangi konsumsi garam. Dalam diet ini, daging merah tidak dianjurkan. Sebagian besar lemak dalam diet ini adalah lemak tak jenuh dan berasal dari minyak zaitun dan kacang-kacangan yang sehat.

5. Jalan pagi teratur

Tetap aktif dengan menjadikan olahraga bagian dari rutinitas harian Anda adalah bagian penting dari penunda penuaan. Jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke gym atau merencanakan latihan rutin yang luas, jalan kaki bisa menjadi pilihan yang bagus.

Berjalan adalah salah satu bentuk olahraga yang paling efektif bagi orang-orang dari segala usia Cara ini akan membantu Anda tetap fit, yang pada gilirannya dapat membantu menetralisir radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan bahkan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak baru. Nikmati 30-menit berjalan-jalan di pagi hari di daerah terbuka seperti berjalan di rumput. Ini akan membantu Anda meluangkan waktu di tengah-tengah alam dan memberikan tubuh asupan oksigen segar.

6. Menahan diri dari Minum alkohol dan Merokok

Kebiasaan lain untuk meperpanjang usia adalah dengan menahan diri dari minum alkohol secara berlebihan dan mengatakan tidak untuk merokok. Minum alkohol secara berlebihan itu tidak baik untuk kulit Anda serta kesehatan secara keseluruhan. Bahkan, asupan alkohol yang tinggi terkait dengan penuaan dini karena menghabiskan kadar vitamin A, antioksidan yang diperlukan untuk produksi kolagen.

Alkohol bersifat diuretik, menyebabkan tubuh serta kulit mengalami dehidrasi. Kulit kering lebih rentan terhadap tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus. Sama seperti minum alkohol, merokok adalah kebiasaan buruk lain yang mengarah ke tanda-tanda penuaan pada usia dini. Plus, merokok dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena kanker, penyakit jantung, infertilitas dan tekanan darah tinggi.

7. Jauhkan Stres

Stres berlebih dapat menyebabkan penuaan kulit, karena dapat menyebabkan kerusakan kolagen, kerusakan DNA dan mempromosikan pelepasan faktor pro-inflamasi yang dapat mempercepat proses penuaan. Plus, stres dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis termasuk tekanan darah tinggi, obesitas dan penyakit jantung.

Untuk mengelola stres, meditasi dan pernapasan dalam adalah beberapa pilihan terbaik. Latihan bernapas membantu sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh lebih baik dan meditasi membantu menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

8. Bersosialisasilah

Memiliki kehidupan sosial yang aktif terkait dengan hidup sehat dan lebih panjang umur. Kehidupan sosial yang aktif juga dikaitkan dengan penurunan stres serta gejala depresi. sediakan waktu dari jadwal Anda yang sibuk untuk menghabiskan waktu dengan teman-teman Anda dan anggota keluarga. Cobalah untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang dari segala usia dan aktif terlibat dalam komunitas lokal Anda.

9. Nikmati Hobi

Jika Anda bertanya-tanya apa hubungan hobi dengan penuaan, maka Anda akan takjub mengetahui bahwa hal itu dapat membantu Anda hidup lebih lama dan sehat. Karena hobi membantu meredakan ketegangan dan stres, juga telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah mengalami hipertensi. Selain itum menjalankan hobi berarti menghabiskan waktu melakukan kegiatan yang Anda cintai, hal itu cenderung membuat Anda lebih bahagia. Kebahagiaan terkait dengan kesehatan dan umur panjang.

10. Menjadi positif

Jadilah positif terhadap kehidupan Anda agar dapat menjaga kesehatan fisik dan pikiran. Beberapa masalah mungkin akan muncul di dalam hidup Anda, tetapi sikap Anda terhadap kehidupan dapat membantu Anda menangani tantangan akan lebih baik. Bahkan, Anda juga harus tetap berpikir positif untuk menunda penuaan.

Di sisi lain, pikiran-pikiran negatif dapat menyebabkan stres dan emosi yang menyakitkan. Oleh karena itu, cobalah untuk menjaga sikap mental positif terhadap kehidupan sebagai langkah lain agar selalu awet muda dan panjang umur.

Sumber: top10homeremedies