Ingin Puasa Tetap Nyaman? Ikuti Tips Berikut

119

Berpuasa bukan berarti membuat tubuh Anda menjadi merana. Apabila Anda merasa menderita saat berpuasa, hal ini bisa disebabkan tubuh Anda kurang mendapatkan nutrisi. Untuk mendapatkan nutrisi yang tepat tentu Anda harus memperhatikan cara mengatur kalori makanan, jenis makanan dan pola makannya

Simak tip berikut agar puasa Anda lebih nyaman:

  • Kuncinya adalah Sahur

Jangan pernah melewatkan untuk bersantap sahur. Sahur adalah modal bagi tubuh Anda selama berpuasa. Tetapi ingat! Jangan juga terlalu berlebihan

Pilihlah makanan yang memiliki komposisi nutrisi lengkap. Kemudian, pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Sayur dan buah yang kaya nutrisi plus serat juga sangat dianjurkan. Selain bagus bagi tubuh, sayur dan buah membuat Anda kenyang lebih lama karena sifat serat yang lama terurai. Usahakan untuk minum sekitar 2-3 gelas pada saat Sahur.

 

  • Jangan berbuka dengan “dendam”

Setelah berpuasa kurang lebih sekitar 14 jam, seringkali orang melakukan “balas dendam” dan makan yang terlalu berlebihan. Apabila konsumsi kalori berlebihan maka akan membuat  perut kembung, membuat Anda mudah mengantuk dan lemak yang menumpuk.

Agar hal ini terjadi sebaiknya Anda berbuka puasa dengan dua sesi. Sesi pertama Anda dapat makan makanan ringan seperti makan buah kurma tiga buah dan teh manis. Kemudian sesi kedua baru Anda dapat menyantap menu utama.

 

  • Makan secara perlahan

Penting untuk makan secara perlahan agar tidak membuat pencernaan Anda “kaget”. Makan dengan cepat bisa mengganggu kestabilan kadar gula dalam darah, sehingga Anda akan selalu merasa lapar dan semakin semangat mengunyah makanan. Otak membutuhkan sekitar 20 menit untuk mengirim sinyal kenyang. Makan cepat dapat membuat Anda mengonsumsi makanan berlebihan dan memakan kalori lebih banyak. Tentunya Anda tidak mau, setelah 1 bulan berpuasa, tubuh justru akan jadi lebih gemuk. Mengunyah secara perlahan akan memberi waktu bagi tubuh untuk menyerap glukosa dan kalori yang diperlukan tubuh.

 

Semoga kiat diatas dapat membantu Anda agar dapat menjalankan puasa dengan nyaman. Selamat menjalankan ibadah puasa.

 

 

Sumber: readersdigest