Ingin Si Kecil Memiliki Rambut Lebat? Lakukan Cara Ini!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

113

Hampir semua ibu menginginkan rambut bayinya tumbuh dengan lebat dan sehat. Tak heran jika Bunda selalu mencari cara melebatkan rambut bayi di internet atau saling bertanya dengan tetangga. Tapi, tahukah Bunda bahwa ada beberapa faktor yang menentukan kesuburan rambut bayi? Faktor tersebut adalah keturunan, hormonal, asupan gizi, lingkungan, dan perawatan.

Cara Melebatkan Rambut Bayi Agar Lebih Kuat, Lebat, dan Sehat

Bunda, tidak perlu khawatir jika rambut si kecil tipis karena faktor genetik dari Ayah dan Bunda. Dengan mengoptimalkan faktor gizi, lingkungan, dan perawatan, rambut si kecil bisa tetap tumbuh lebat, sehat, dan kuat. Yuk, kuti caranya seperti berikut ini!

  1. Berikan makanan dengan gizi yang membantu menyuburkan & melebatkan rambut

Salah satu cara melebatkan rambut bayi adalah memberikan nutrisi yang baik pada si kecil. Jika si kecil sudah mengonsumsi MPASI, pastikan ia mendapatkan banyak protein sehat dari salmon, telur, dan bayam. Asupan protein yang cukup dapat membantu rambut si kecil tumbuh dengan baik. Vitamin B, C, dan E adalah jenis vitamin yang diperlukan untuk kesehatan rambut.

  1. Lindungi rambut si kecil

Panas dan kotoran bisa merusak dan menghambat pertumbuhan rambut bayi. Jika Bunda hendak mengajak si kecil keluar rumah, pakaikan topi atau penutup kepala yang bisa melindungi rambutnya dari terik matahari, debu, dan polusi. Selain itu, pada usia bayi dan balita, Bunda sebaiknya tidak memakaikan aksesories rambut yang berlebihan seperti ikat rambut atau jepit rambut yang dapat membebani rambut si kecil. Pemakaian aksesories dalam waktu lama dapat membuat rambut si kecil mudah rontok dan bertambah tipis. Tapi, sesekali Bunda boleh memakaikan bando yang longgar dan tidak terlalu besar untuk mempercantik tampilannya.

  1. Gunakan produk perawatan rambut bayi yang tepat

Perawatan rambut harian yang perlu Bunda lakukan pada si kecil di antaranya adalah mencuci rambutnya dengan sampo yang berformula lembut, mengoleskan hair lotion, dan menyisir dengan baik. Mencuci rambut si kecil secara teratur dapat membuat rambut dan kulit kepalanya sehat dan membantu membersihkan sisik kepala.

  1. Rawat rambut bayi dengan lembut

Rambut dan kulit kepala bayi memang lebih sensitif dibandingkan rambut dan kulit kepala orang dewasa. Karena itu, saat mencuci rambut bayi, jangan terlalu keras memijat kulit kepalanya. Pijatan yang terlalu keras bisa membuat rambutnya rontok. Selain itu, gunakan pula sisir atau sikat rambut yang lembut dan bergigi jarang.

Berikut beberapa mitos seputar rambut bayi:

Mitos: Cukurlah rambut bayi agar tumbuh lebat dan tidak mudah rontok.
Fakta: Hal ini hanya tradisi saja. Dari segi medis, tidak ada hubungan antara mencukur rambut dengan rambut tebal. Kesuburan rambut bayi sangat tergantung pada faktor keturunan. Selain keturunan, faktor gizi, lingkungan, dan hormonal juga tururt menentukan kesuburan rambut. Namun tak menutup kemungkinan bayi berambut tipis bisa memiliki rambut tebal dan berkilau saat mereka dewasa jika dari sejak kecil rambutnya sudah rajin dirawat.

Mitos: Rambut bayi yang tipis bisa diperbaiki dengan memakai hair lotion.
Fakta: Pada dasarnya, kulit bayi belum berfungsi secara sempurna. Kulitnya lebih tipis dan jaringan ikat antar selnya masih longgar. Jika rambut bayi masih tipis atau tiba-tiba rontok, Anda jangan panik dulu. Karena seperti gigi, bayi juga mempunyai rambut pertama yang akan lepas dan berganti dengan rambut permanen. Rambut permanen ini akan tumbuh pada usia 3-4 bulan. Meski demikian, bayi tetap perlu diberi hair lotion karena rambutnya masih dalam fase pertumbuhan.

Mitos: Sering keramas bisa membuat rambut cepat tumbuh.

Fakta: Ibarat tanaman yang makin subur jika sering disirami dan diberi pupuk, rambut bayi juga harus dirawat dengan sampo secara teratur agar tumbuh sehat dan kulit kepala, seperti sisik kepala (cradle cap) dan seboroik. Selain sampo, gunakan hair lotion untuk memberi kelembaban alami pada rambut dan kulit kepala bayi agar rambutnya tumbuh lebih tebal, hitam dan bercahaya serta lebih lembut. Sehingga mudah disisir dan tidak kusut. (EDA)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store