Ini Dia Alasan Mengapa Jari Tangan Anda Selalu Dingin…

594

Saat cuaca dingin, maka sangat mudah bagi jari tangan untuk menjadi dingin. Hal ini merupakan hal yang normal. Hal ini dikarenakan tubuh biasanya memusatkan aliran darah pada organ-organ vital seperti jantung, otak, dan paru-paru terlebih dahulu daripada anggota gerak (kaki dan tangan).

Akan tetapi, bila jari tangan Anda menjadi sangat dingin pada cuaca hangat, maka hal ini dapat merupakan pertanda ada suatu gangguan kesehatan lain yang sedang terjadi di dalam tubuh Anda. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal lain yang dapat membuat jari tangan Anda menjadi sangat dingin.

 

Sindrom Raynaud

Sindrom Raynaud merupakan gangguan yang paling sering menyebabkan jari tangan dan kaki menjadi dingin. Sindrom Raynaud sendiri sebenarnya merupakan penyempitan atau pengecilan pembuluh darah di jari tangan, yang kadangkala juga disertai dengan penyempitan pembuluh darah di jari kaki, telinga, dan hidung sebagai respon terhadap cuaca dingin atau stress emosional.

Saat serangan, jari tangan penderita dapat berubah menjadi putih, kemudian kebiruan, karena tidak adanya atau sedikitnya darah yang memasuki area tersebut. Jari tangan penderita biasanya akan kembali tampak kemerahan setelah pembuluh darah terbuka dan darah dapat masuk ke dalamnya. Selain itu, jari tangan penderita biasanya akan menjadi dingin, mati rasa, kesemutan, atau bahkan nyeri saat serangan berlangsung.

Sebagian besar kasus sindrom Raynaud tidak diketahui penyebabnya. Kabar baiknya adalah walaupun mengganggu, sindrom Raynaud biasanya tidak berbahaya. Perubahan gaya hidup seperti mengenakan pakaian yagn hangat, menggunakan sarung tangan saat cuaca dingin, dan menghindari stress emosional biasanya dapat membantu mengatasi gejala.

 

Penyakit Autoimun

Kadangkala, ada penyakit lain yang memicu terjadinya sindrom Raynaud. Beberapa penyalit lain tersebut adalah lupus, scleroderma, artritis reumatoid, dan berbagai gangguan autoimun lainnya.

Lupus merupakan suatu gangguan yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh yang sehat. Sementara itu, skleroderma merupakan suatu penyakit yang menyebabkan kulit dan jaringan ikat menjadi mengeras dan membentuk jaringan parut.

Hingga saat ini, para ahli masih tidak mengetahui apa hubungan antara berbagai penyakit di atas dengan terjadinya sindrom Raynaud.

 

Hipotiroidisme

Bukanlah hal yang aneh bila jari tangan Anda menjadi dingin bila kelenjar tiroid Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dikarenakan kelenjar tiroid merupakan pengatur suhu di dalam tubuh.

Saat kelenjar tiroid kurang aktif, maka sebagian besar fungsi tubuh pun akan melambat dan Anda pun akan mengalami beberapa gejala seperti merasa sangat lelah, sembelit, peningkatan berat badan, selalu merasa kedinginan, termasuk pada jari tangan dan kaki. Hipotiroidisme ini paling sering ditemukan pada wanita dan orang yang berusia lebih dari 50 tahun.

 

Gangguan Sirkulasi Darah

Sebagian besar orang menduga bahwa jari tangan yang dingin disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah. Gangguan sirkulasi darah terjadi saat aliran darah yang mengandung banyak nutrisi dan oksigen menghilang saat beredar di dalam tubuh karena kemampuan pompa jantung yang kurang (pada penderita gagal jantung), sumbatan pada pembuluh darah (akibat penumpukkan lemak), dan sebagainya.

Saat jantung tidak memperoleh seluruh darah dari dalam tubuh sebagaimana mestinya, maka tangan dan kaki Anda pun akan menjadi dingin, mati rasa, atau kesemutan (karena letaknya paling jauh dari jantung).

 

Anemia

Anemia terjadi saat tubuh tidak memiliki sel darah merah yang mencukupi atau karena kadar hemoglobin di dalam darah terlalu rendah. Anemia akan mengakibatkan penurunan suplai oksigen ke dalam tubuh, yang dapat membuat tangan Anda menjadi dingin.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya anemia adalah kurangnya konsumsi zat besi dari makanan, perdarahan (misalnya karena menstruasi berat, ulkus lambung, atau perdarahan saluran cerna), beberapa jenis kanker, dan gangguan pencernaan (menderita penyakit seliak atau penyakit Crohn).

Selain dapat membuat tangan Anda menjadi dingin; anemia juga dapat memiliki beberapa gejala lainnya seperti merasa sangat lelah, nyeri kepala, pusing, sesak napas, dan kulit pucat. Pada sebagian besar kasus, anemia defisiensi besi dapat diatasi dengan pemberian suplemen zat besi.

 

 

 

Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 dapat ditemukan pada berbagai makanan seperti daging sapi, daging unggas, telur, susu, dan berbagai produk susu. Vitamin B12 sangat penting bagi pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penurunan produksi sel darah merah, yang pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya anemia.

Kekurangan vitamin B12 biasa ditemukan pada orang yang hanya mengkonsumsi sayuran (vegetarian) dan pada orang berusia lebih dari 50 tahun karena tubuh telah kehilangan kemampuan untuk menyerap vitamin dari dalam makanan.

Selain itu, para penderita gangguan saluran pencernaan seperti penyakit Crohn dan penyakit seliak juga sering mengalami kekurangan vitamin B12. Untuk mendeteksinya, dapat dilakukan pemeriksaan darah.

Bila jari tangan Anda yang selalu dingin disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, maka pemberian suplemen dapat membantu mengatasi gejala dalam waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan.

 

Tekanan Darah Rendah

Hipotensi atau tekanan darah rendah dapat terjadi karena berbagai hal termasuk dehidrasi, perdarahan, beberapa jenis obat-obatan, dan gangguan kelenjar endokrin. Saat tekanan darah Anda rendah, maka pembuluh darah Anda akan mengalirkan darah dari anggota gerak Anda dan mengarahkannya pada organ-organ vital Anda. Hal inilah yang membuat jari-jari Anda menjadi dingin. Jika Anda mengalami berbagai gejala hipotensi seperti pusing, penglihatan kabur, merasa sangat lelah, mual, lemah, dan pusing; segera periksakan diri Anda ke seorang dokter.

 

Stress dan Cemas

Anda tentunya telah mengetahui bahwa stress dapat berdampak buruk pada berbagai bagian tubuh Anda, termasuk tangan Anda. Saat Anda mengalami stress kronik atau cemas, maka tubuh Anda pun akan mengalami reaksi “lawan atau kabur”. Hal ini akan menyebabkan peningkatan kadar adrenalin di dalam tubuh. Akibatnya, pembuluh darah pada anggota gerak Anda pun akan mengecil dan membuat jari tangan dan tangan Anda menjadi dingin (begitu juga dengan jari kaki dan kaki Anda). Untuk mengatasi hal ini, dianjurkan agar Anda mengatasi stress Anda.

 

Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu

Terdapat beberapa jenis obat-obatan yang dapat membuat pembuluh darah Anda mengecil seperti penghambat beta (beta blocker), beberapa jenis obat anti kanker, obat migrain, dan obat dekongestan. Hal ini akan membuat jari tangan Anda menjadi dingin seperti pada penderita sindrom Raynaud. Berkonsultasilah dengan dokter Anda bila obat-obatan yang Anda konsumsi menyebabkan timbulnya gejala ini.

 

Merokok

Ini dia alasan lain mengapa Anda sebaiknya berhenti merokok. Nikotin yang terdapat di dalam rokok dapat menyebabkan pembuluh darah mengecil dan memicu terbentuknya penumpukkan lemak di dalam dinding pembuluh darah, yang pada akhirnya akan menyebabkan bekurangnya aliran darah ke anggota gerak Anda.

 

.

 

Sumber: prevention