Ini Dia Cara Meningkatkan Kesempatan Hidup Saat Mengalami Serangan Jantung!

232

Satu lagi manfaat dari olahraga: menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas John Hopkins, orang yang teratur berolahraga dan mengalami serangan jantung lebih jarang meninggal karena serangan jantungnya tersebut dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga.

Penelitian ini menemukan bahwa orang yang memiliki nilai MET (metabolic equivalent of a task) 10 selama setidaknya 1 menit pada pemeriksaan treadmill memiliki kemungkinan 40% lebih tinggi untuk bertahan hidup paska serangan jantung dibandingkan dengan orang yang memiliki nilai MET yang lebih rendah.

Untuk perbandingannya, bila Anda dapat berlari sejauh 1.6 km dalam waktu 10 menit, maka skor MET Anda adalah 9.8. Sedangkan bila Anda dapat berjogging sejauh 1.6 km dalam waktu 13 menit, maka skor MET Anda adalah 6. Berbaring dan menonton televisi memiliki skor MET 1.

 

Mengapa Orang yang Rajin Olahraga Memiliki Peluang Hidup Lebih Tinggi?

Bukan hanya karena mereka memiliki resiko menderita gangguan jantung yang lebih rendah, tetapi serangan jantung yang dialami oleh orang yang rajin berolahraga biasanya juga lebih ringan. Hal ini tentu saja akan meningkatkan peluang untuk bertahan hidup.

Hal ini dikarenakan setiap kali Anda berolahraga, maka tubuh Anda pun akan membutuhkan lebih banyak darah dan oksigen. Hal ini secara tidak langsung akan membuat jantung dan pembuluh darah Anda “berolahraga”, yang akan memicu pembentukan pembuluh-pembuluh darah baru di sekitar jantung Anda untuk mencukupi kebutuhan oksigen dan darah.

Artinya, suplai darah yang masuk ke dalam jantung Anda akan menjadi lebih banyak. Jadi, bila ada sumbatan pada salah satu pembuluh darah jantung dan menyebabkan terjadinya serangan jantung, maka darah masih dapat masuk ke dalam otot-otot jantung Anda melalui pembuluh-pembuluh darah baru yang terbentuk. Jadi, area jantung yang mengalami gangguan aliran darah lebih jarang mati dan rusak.

 

 

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Peluang Hidup Saat Mengalami Serangan Jantung?

Pertama-tama, lakukanlah pemeriksaan treadmill untuk mengetahui seberapa jauh Anda mampu bertahan hidup saat mengalami serangan jantung. Jika Anda memiliki skor MET 9.8 atau lebih, maka lanjutkanlah olahraga yang telah Anda lakukan sekarang ini.

Akan tetapi, bila Anda kesulitan mempertahankan lari Anda selama 1 menit, maka hal ini menunjukkan bahwa Anda perlu meningkatkan kegiatan olahraga Anda. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup, tetapi juga akan menurunkan resiko terjadinya gangguan jantung.

 

 

Sumber: menshealth