Ini Dia Manfaat Olahraga Bagi Otak Kita

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

292

Banyak sumber penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang salah, seperti kurangnya aktivitas dan olahraga. Beberapa manfaat olahraga di antaranya adalah melancarkan peredaran darah, mengurangi resiko darah tinggi dan obesitas, serta membakar lemak dan kalori. Riset terbaru menunjukkan bahwa dengan berolahraga minimal 10 menit setiap harinya, mental menjadi lebih sehat, pikiran jernih, stress berkurang, dan memberikan perasaan bahagia. Daniel Landers, seorang profesor pendidikan olahraga dari Arizona State University mengungkapkan manfaat olahraga bagi otak kita.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Berolahraga secara rutin, ternyata dapat meningkatkan kosentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Mengapa? sebab olahraga bisa meningkatkan jumlah pasokan oksigen dalam darah, dan mempercepat aliran darah menuju otak.

  1. Mengurangi stres, dan membantu mengendalikan amarah

Olahraga dapat meningkatkan kemampuan jantung dan membuat kita lebih cepat mengatasi stress. Aktivitas olahraga seperti jalan kaki, berenang, dan lari, dipercaya sebagai salah satu cara terbaik mengurangi stres.

  1. Menaikkan daya tahan tubuh

Olahraga apapun, meski dijalankan dalam waktu yang singkat namun intensif, atau lama tapi dilakukan dengan santai, menurut penelitian dapat meningkatkan hormon-hormon baik dalam otak seperti adrenalin, serotin, dopamine dan endorphin. Hormon inilah yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh kita.

  1. Memperbaiki kepercayaan diri

Umumnya semakin mahir seseorang dalam suatu aktivitas, maka kepercayaan diri pun akan meningkat. Bahkan suatu riset membuktikan bahwa remaja yang aktif berolahraga merasa lebih percaya diri dibandingkan dengan teman-temannya yang tidak melakukan kegiatan serupa.

Malas bergerak dan berolahraga karena alasan tidak punya waktu akan memberikan dampak yang buruk jika terus dilakukan dalam jangka panjang. Resiko penyakit yang disebabkan oleh hipokinesa (kurang gerak), seperti tekanan darah tinggi, diabetes mellitus, jantung, arthritis, hiperkolesterolemia, dan obesitas akan mengintai Anda. Karena itu, olahraga menjadi keharusan bila kita ingin hidup sehat dan memiki otak yang sehat.

Jadi, sesibuk apapun, yuk luangkan waktu berhargamu untuk tetap menjaga kesehatan yang tak ternilai harganya. Mulai hidup sehat dan mendisiplinkan diri dengan diet seimbang dan menjadikan olahraga bagian dari gaya hidup kita. (SA/CM)

Daftar Pustaka

Yuliatin Enik, Noor Moh. 2012. Bugar Dengan Olahraga. Jakarta: Balai Pustaka


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store