Ini Dia, Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Anda Waspadai!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

292

Batu ginjal adalah kondisi dimana mineral atau zat lain dalam darah mengkristal di ginjal yang apabila dibiarkan dapat menghalangi jalannya urine (air kencing) hingga menyebabkan kerusakan ginjal itu sendiri. Sebelum itu terjadi, mari kenali dahulu penyebabnya sedini mungkin.

Batu ginjal dapat ditandai dengan rasa nyeri pada bagian pinggang, perut bagian bawah, ataupun selangkangan. Biasanya juga disertai rasa nyeri saat buang air kecil. Ada beragam kondisi yang dapat menjadi penyebab batu ginjal. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab umum batu ginjal. Kurangnya asupan cairan menjadikan garam, mineral dan zat lain dalam urin dapat menempel bersama, mengkristal dan membentuk batu.

  1. Pola Makan

Sebagian besar kristal batu ginjal terbentuk dari kalsium-oksalat. Konsumsi berlebih akan kedua zat ini dapat menyebabkan batu ginjal. Beberapa makanan tinggi oksalat adalah bayam, kacang, dan cokelat. Kalsium banyak ditemukan pada suplemen vitamin D, konsumsi sajian yang mengandung protein hewani seperti daging merah, serta makanan atau minuman tinggi garam dan gula.

  1. Infeksi Saluran Kemih

Selain terbentuk dari kalsium, batu ginjal juga dapat tersusun dari magnesium dan produk sisa amonia. Batu ginjal tipe ini disebut batu amonia atau struvit. Kondisi ini biasa terjadi setelah menderita infeksi pada saluran kandung kemih dan lebih banyak dialami oleh wanita.

  1. Faktor keturunan

Batu ginjal dapat terbentuk pada orang dengan gangguan turunan cystinuria, yaitu penyakit yang menyebabkan ginjal mengeluarkan terlalu banyak asam amino tertentu. Penyakit turunan lain seperti hipercalciuria juga dapat memicu batu ginjal. Hipercalciuria adalah kondisi di mana tubuh terlalu banyak menyerap kalsium (dalam bentuk kalsium-oksalat atau kalsium-fosfat) dan mengeluarkannya dalam urin.

  1. Penyakit kronis

Batu ginjal juga dapat disebabkan oleh penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit asam urat. Serta kelainan pada kelenjar paratiroid di mana kelenjar ini memproduksi terlalu banyak hormon yang dapat meningkatkan kadar kalsium dalam darah.

Banyak minum air putih dan menerapkan pola makan sehat kaya serat adalah salah satu cara pencegahan paling sederhana yang dapat kita mulai. Apabila Anda menderita salah satu penyakit yang berkaitan dengan batu ginjal, segera hubungi dokter untuk meminimalkan segala risiko. (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

Fransisca. Kristiana.2011. Waspadalah 24 Penyebab Ginjal Rusak . Jakarta: Cerdas Sehat

Suciadi, P. Leonardi. 2010. Anda Bertanya, Dokter Menjawab; Kesehatan Ginjal  Dan Saluran Kemih. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store