Jaga Janin Kesayangan Sampai Lahir Dengan Sehat, Ini Adalah Cara Alami Untuk Membantu Mencegah Keguguran

242

Saat mendengar kabar Anda atau istri Anda hamil adalah hal yang paling menyenangkan, pada saat ini Anda dan pasangan harus senantiasa menjaga kehamilan dan jangan sampai terjadi hal paling buruk yang tidak diinginkan, yaitu keguguran.

Kondisi ini akan terasa menyakitkan, bahkan ada beberapa wanita yang tidak mampu menerima kenyataan hingga mengalami depresi. Hal ini tidak hanya menganggu kesehatan ibu hamil namun juga memberikan luka.

Keguguran bisa terjadi karena berbagai hal seperti adanya kecelakaan, pukulan atau benturan yang keras pada bagian perut. Kondisi yang tidak bisa dihindari seperti masalah genetik, kelainan kromosom, ketidakseimbangan hormon, bentuk rahim yang kurang sempurna, kista, endometriosis.

Selain itu ada kondisi yang sebenarnya bisa dihindari seperti gaya hidup tidak sehat, stres, merokok, minum alkohol berlebihan.Apapun penyebabnya, Anda sebagai ibu hamil harus berhati-hati untuk menjaga calon bidadari kecil Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah keguguran pada tahap awal kehamilan:

1.      Diet bergizi dan seimbang

Apa yang Anda makan memainkan peran penting dalam menjaga Anda sehat dari dalam. Saat Anda makan makanan yang tidak baik seperti junk food, minuman soda, makanan mentah semua bisa berpengaruh pada kesehatan janin.

Sehingga sangat penting untuk makan makanan bergizi dan seimbang yang akan menjaga kesehatan janin dari dalam.

2.      Minum banyak air

Jangan pernah meremehkan kebaikan alami dari air dan karena ada banyak manfaat yang bisa diberikan air putih untuk tubuh kita. Dengan minum air putih akan menjaga diri tetap terhidrasi selama tahap awal kehamilan. Membantu mengeluarkan setiap racun yang tidak diinginkan dari tubuh Anda. Selain itu penting juga untuk mencegah terjadinya sembelit.

Pada saat hamil biasanya akan terjadi perubahan hormon yang menyebabkan terjadinya sembelit, dengan minum banyak air putih akan mencegah terjadinya sembelit.

3.      Konsumsi suplemen progesteron

Hormon progesteron adalah hormon penting yang memberi kekuatan untuk rahim agar mampu menjaga janin  Konsumsi suplemen ini diharapkan untuk membantu mencegah keguguran. Untuk konsumsi suplemen ini harus dibawah pengawasan dokter spesialis kandungan secara langsung.

4.      Hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat

Seperti Kita ketahui untuk Anda para wanita hamil, usahakan untuk jangan kerja atau beraktivitas terlalu berat terutama untuk trimester awal kehamilan.

Anda tetap boleh bergerak, tapi tidak boleh terlalu berlebihan. Setiap kali Anda sudah merasa lelah segeralah beristirahat. Dalam kondisi ini tidak ada salahnya Anda meminta bantuan suami untuk membantu membereskan pekerjaan rumah.

5.      Hindari stres

Pada saat hamil hindarilah stres. Karena stres, ketegangan mental dapat berdampak buruk kepada kesehatan Anda dan  janin, bahkan bisa menyebabkan keguguran. Sehingga Anda harus juga memanjakan diri untuk menenangkan pikiran dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Misalnya melakukan spa khusus ibu hamil

6.      Jangan pernah melewatkan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan

Saat hamil, jangan pernah Anda melewatkan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan. Karena dengan melakukan pemeriksaan rutin bukan hanya dokter akan memberitahu kondisi kehamilan, tapi Anda juga bisa mengetahui perkembangan janin dari waktu ke waktu, saran-saran yang diberikan juga penting untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat.

Kehadiran si kecil sudah sangat dinantikan, semoga cara diatas dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan janin, Hingga akhirnya Anda akan melahirkan dengan selamat dan memiliki bayi yang sehat.

 

Sumber: dailymom