Jangan Anggap Remeh Nyeri di Punggung Bawah

153

Nyeri punggung bawah (low back pain) adalah kondisi yang sangat umum dijumpai, dan merupakan keluhan paling banyak kedua yang membuat orang berobat ke dokter ahli saraf setelah nyeri kepala. Nyeri ini dapat dipicu oleh aktifitas fisik seperti pekerjaan sehari-hari(mengangkat, mendorong barang, memutar badan), jatuh, atau bahkan olahraga, atau ada juga nyeri yang muncul secara tiba-tiba. Sebagian besar kasus ini sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, namun pada beberapa kasus, nyeri punggung bawah dapat berlangsung lama oleh karena kondisi medis yang lebih serius

Penyebabnya bermacam-macam, diantaranya: cedera otot, radang otot, radang sendi, gangguan pada tulang belakang dan bantalannya seperti pergeseran tulang belakang, penonjolan bantalan antar tulang(Hernia Nukleus Pulposus / HNP), infeksi/radang, patah atau retak pada satu atau beberapa segmen tulang.

Bahkan ada juga nyeri pinggang yang disebabkan oleh tumor, walaupun presentasinya kecil. Tumor dapat berasal dari struktur tulang belakang itu sendiri, dapat juga (walaupun tidak banyak) merupakan penyebaran dari tumor di tempat lainnya (metastase). Misalnya metastase dari tumor kandungan pada wanita, atau tumor prostat pada pria.

Nyeri pinggang ditimbulkan karena terjepitnya saraf sumsum tulang belakang oleh hal-hal yang disebutkan di atas. Untuk mengetahui struktur tulang belakang dan jaringan di sekitarnya secara jelas, perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti MRI atau CT Scan. Pengobatan nantinya tergantung dari kelainan yang ditemukan pada pemeriksaan fisik dan penunjang tersebut. Ada yang cukup dengan istirahat dan obat-obatan, fisioterapi, blok saraf atau ada yang memerlukan tindakan bedah.

Penanganan nyeri punggung bawah berbeda-beda tergantung penyebabnya. Prinsip utamanya adalah mengatasi nyeri terlebih dahulu dengan istirahat dan obat-obat anti nyeri. Jika keluhan ini kambuh-kambuhan atau makin berat, perlu berobat ke dokter agar dapat dijelaskan tentang kemungkinan penyebabnya, dan menentukan pemeriksaan apa saja yang harus dilakukan untuk mencari penyebabnya.

Sebaiknya tidak meremehkan rasa nyeri ini karena bila ada suatu penyakit yang mengenai saraf dapat menyebabkan gangguan gerak karena di dalam tulang belakang terdapat saraf yang langsung berhubungan dengan otak.