Jangan Menyerah Pada Ejakulasi Dini!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

325

Ejakulasi dini (bahasa Inggris: Premature ejaculation, bahasa Latin: ejaculatio praecox) adalah masalah seksual ketika seorang pria mengeluarkan cairan sperma sebelum penetrasi ke organ seksual wanita. Waktu normal dalam penetrasi hubungan seksual adalah 3 hingga 13 menit. Ejakulasi sebelum 3 menit atau sebelum pasangan mencapai orgasme (kepuasan) disebut ejakulasi dini. Ejakulasi dini dapat terjadi bahkan sebelum penetrasi atau tanpa ereksi.

Dikutip dari nature.com, ejakulasi dini merupakan masalah seksual dari kira-kira 30% populasi pria aktif seksual di seluruh dunia. Masalah ini umumnya terjadi pada pria lanjut usia karena produksi hormon testosterone menurun. Akan tetapi, pengamatan oleh para dokter menunjukkan masalah ini sekarang dihadapi oleh pria muda karena melakukan dan melibatkan diri dalam aktivitas seksual pada umur yang terlalu dini.

Ejakulasi dini disebabkan oleh masalah fisik dan psikologis seperti stress, depresi, beban kerja, kurang tidur, kurang percaya diri, ketidakseimbangan hormon, tingkat testosterone rendah dan kelebihan berat badan. Kadang-kadang juga disebabkan oleh penyakit kronik seperti diabetes, kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah), dan tiroid (gondok). Banyak orang berpikir bahwa pil perangsang dapat memberikan hasil instan daripada cara alami tetapi dalam kenyataannya konsumsi pil-pil tersebut dapat mengganggu kesehatan jangka panjang.

Ada beberapa cara alami yang dapat meringankan gejala ini. Langkah pertama, lakukan diet seimbang yang berarti mengonsumsi semua sumber gizi dalam jumlah cukup. Cara ini dapat membantu meningkatkan energi dan oksigen ke otak. Juga dapat meningkatkan kadar testosterone anda. Langkah kedua, olahraga yang teratur agar tetap sehat dan bugar. Olahraga dapat menjaga berat badan dan meningkatkan stamina seksual dan hormon testosterone. Langkah ketiga, anda dapat mencoba melakukan teknik meremas pangkal penis saat hampir orgasme. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ereksi. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu hingga menemukan titik yang tepat. Langkah keempat, anda dapat mencoba obat alami seperti kulit kayu manis atau cengkeh yang dihaluskan menjadi serbuk kemudian dicampurkan ke bahan dasar krim dan dioleskan ke bagian penis. Jika anda tidak ingin repot, Anda juga bisa menggunakan kondom pengendali klimaks yang mengandung benzokain di ujungnya sehingga dapat menahan ejakulasi sekitar 5 menit.

Jangan bersedih atau malu ketika Anda mengalami ejakulasi dini, konsultasikan hal ini kepada dokter Anda guna menghindari stress atau depresi serta mencari jalan keluar yang aman. Semoga bermanfaat. (BR/CM)

Kepustakaan :   

  1. webmd.com/condition-1513/premature+ejaculation.aspx

2. www.worldwidehealth.com/health-article-stop-premature-ejaculation-problem.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store