Jangan Sembarangan Mencabut Bulu Hidung

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

244

Bulu hidung merupakan salah satu dari bagian tubuh yang letaknya tersembunyi yang sering dianggap menggelikan bahkan mengganggu. Kadang bulu hidung dapat tumbuh lebat dan panjang, sehingga kebanyakan orang memilih untuk mencabut bulu hidung tersebut. Tapi tahukah Anda apa saja manfaat bulu hidung? Pada saat manusia menghirup oksigen, partikel-partikel kecil atau debu kotor akan masuk bersama oksigen kedalam hidung, udara tersebut akan disaring oleh bulu-bulu halus yang ada dalam rongga hidung sebelum udara tersebut diproses oleh paru-paru. Selanjutnya partikel-partikel atau debu tersebut akan diproduksi sebagian menjadi kotoran hidung. Bulu hidung juga berperan sebagai penangkal patogen udara seperti kuman, jamur, dan spora. Patogen udara yang masuk kehidung akan terhalang oleh bulu, sehingga patogen tersebut tidak akan sampai kesaluran pernafasan. Jika ada patogen yang berhasil masuk kedalam pernafasan, patogen tersebut akan dikeluarkan ketika anda akan bersin.

Selain dua fungsi utama di atas, serat rambut hidung ini juga menambah luas permukaan kulit dan membantu dalam penguapan keringat. Jaringan saraf yang mengelilingi folikel bulu hidung juga dapat memberikan informasi kepada tubuh mengenai keadaan lingkungan disekitar Anda. Bulu hidung tidak dapat melakukan tugasnya sendiri tanpa bantuan dari lendir atau sekret yang dihasilkan oleh jaringan hidung itu sendiri. Bersama-sama, bulu hidung dan sekret akan menangkap partikel dan kuman yang masuk. Sekret hidung juga merupakan alat pengirim sinyal ke otak kita  yang dapat memastikan bau apa yang sedang kita hirup.

Apabila Anda merasa terganggu dengan bulu hidung yang panjang, disarankan untuk memotong bulu hidung tersebut, jangan  mencabutnya. Ketika anda mencabut bulu hidung, aktivitas tersebut bukan hanya menghilangkan “barrier alami” di hidung Anda, tetapi juga dapat menyebabkan luka dan infeksi pada rongga hidung yang berakhir dengan timbulnya bisul atau luka yang terinfeksi.  Nah, setelah tahu manfaatnya, mulai sekarang jangan sembarangan mencabut bulu hidung ya! (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/fakta-seputar-mencabut-bulu-hidung/
  2. http://bobo.grid.id/read/08676835/bulu-hidung-fungsinya-apa-ya

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store