JENIS – JENIS TERAPI UNTUK MATA MINUS

9

Mata minus atau rabun jauh dikenal juga dengan istilah medis miopia. Kondisi ini menyebabkan seseorang kesulitan melihat benda jarak jauh. Pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus tepat di retina, namun jauh di depannya. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kelainan pada kornea atau panjang bola mata yang terlalu besar. Beberapa tanda dan gejala mata minus diantaranya adalah ketegangan mata, sakit kepala, menyipitkan mata untuk melihat dengan baik, dan kesulitan melihat benda-benda jauh, seperti rambu-rambu jalan atau papan tulis di sekolah.

Berikut ini jenis-jenis terapi untuk mata minus.

  • Mengunakan kacamata dan lensa kontak.

Penggunaan kacamata adalah metode paling aman untuk memperbaiki penglihatan pada penderita rabun jauh. Lensa khusus pada kacamata minus bekerja dengan cara mengarahkan fokus cahaya tepat pada retina, sehingga penglihatan akan lebih jelas. Selain kacamata, rabun jauh juga bisa diperbaiki dengan lensa kontak yang cara kerjanya sama dengan kacamata. Hanya saja, karena cara pemakaiannya ditempelkan secara langsung ke mata, penggunaan lensa kontak harus dilakukan dengan lebih hati-hati dan selalu dipastikan kebersihannya. Jika tidak digunakan dan dirawat dengan benar, pengguna lensa kontak berisiko tinggi mengalami infeksi mata yang justru dapat memperburuk kondisi atau bahkan menyebabkan gangguan penglihatan yang lebih parah. Selain untuk memperbaiki penglihatan, baik kacamata maupun lensa kontak untuk mata minus juga berfungsi untuk mencegah semakin beratnya mata minus yang diderita.

  • Bedah refraktif.

Saat lensa kontak atau kacamata dirasa tak cukup membantu atau jika minus pada mata sangat tinggi, operasi bisa menjadi pilihan untuk mengurangi minus mata. Prosedur ini bertujuan untuk membentuk kembali lengkungan pada kornea mata yang bermasalah. Salah satu jenis operasi yang paling umum untuk mengurangi minus mata adalah LASIK (laser-assisted in-situ keratomileusis). Pada prosedur ini, dokter terlebih dulu akan membuat sayatan kecil di kornea mata pasien. Lalu lapisan tipis yang berada di tengah kornea akan diangkat menggunakan laser, agar bentuk kornea kembali normal dan penglihatan pun membaik.

  • Terapi penglihatan untuk orang dengan miopia terkait stress

Terapi penglihatan adalah pilihan bagi orang-orang yang penglihatannya kabur disebabkan oleh spasme otot-otot yang mengontrol pemfokusan mata. Berbagai latihan mata dapat meningkatkan kemampuan fokus mata yang buruk dan mendapatkan kembali penglihatan yang jelas.

Kerusakan pada mata dapat mengganggu aktifitas sehari-hari dan membuat kualitas hidup berkurang. Lakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk mengetahui kondisi mata dan jika terdapat kelainan bisa segera dilakukan penanganan yang tepat. (PK/PAY)

Referensi:

NHS UK. Short-sightedness (myopia). 2018

American Academy of Ophthalmology. Turbert D. Nearsightedness: Myopia Diagnosis and Treatment. 2019

American Optometic Associaation. Myopia (Nearsightedness).