Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Di Bulan Puasa

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

272

Hi Guys, Gimana dengan puasanya? masih lancar aja kan? artikel dibawah ini telah mereview beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat bulan puasa, agar kita tetap sehat dan bugar pada saat berpuasa.

Hal yang harus diperhatikan saat berpuasa salah satunya adalah makanan yang kita konsumsi pada bulan suci tersebut. Pada saat bulan puasa, kita sering asal-asalan pada saat memilih dan mengkonsumsi makanan. Bahkan dikalangan remaja ada istilah “balas dendam” yang menjadikan mereka makan dalam porsi yang besar pada saat berbuka dan sahur. Nah agar pada saat berpuasa kita tetap nyaman dan lancar, ada beberapa makanan yang harus kita hindari pada saat sahur, makanan apa sajakah itu?

  • Abon Cabai dan Sambal

Karena bahan dasarnya adalah cabai, makanan ini akan megiritasi lambung kita, yang ujung-ujungnya akan membuat kita diare. Bukannya tetap bugar saat berpuasa kita malah merasa lemas karena diare.

  • Kopi dan teh

Sudah menjadi tradisi di beberapa daerah di Indonesia sahur tidaklah lengkap tanpa dua jenis minuman ini. Namun mengapa minuman ini harus dihindari? Ternyata dua jenis minuman ini bersifat diuretik yang akan membuat kita terangsang untuk sering buang air kecil, hasilnya kita akan merasa cepat haus.

  • Cokelat

Cokelat sering menjadi kesukaan banyak orang karena rasanya yang manis dan enak, serta berfungsi sebagai mood booster. Tetapi, apabila dikonsumsi saat perut kosong atau sahur, cokelat dapat meninggalkan asam dalam tubuh. Selain itu, cokelat tidak mudah dicerna sehingga membuat tubuh kita lebih cepat lesu dan lemah.

  • Minuman bersoda

Minuman bersoda tidak dianjurkan bukan saja pada saat sahur tetapi juga pada saat berbuka. Hal ini karena minuman bersoda mengandung kadar gula yang tinggi yang bisa membuat kita terkena diabetes, minuman bersoda juga akan membuat kita cepat haus.

  • Gorengan

Sadar atau tidak, gorengan sudah menjadi menu takjil utama kita, padahal kita tidak menyadari makanan yang satu ini dapat membuat naiknya kadar kolesterol dalam tubuh, disamping itu gorengan bisa menyebabkan radang tenggorokan.

  • Es Krim

Mungkin memang es krim dan juga cake bisa memberikan energi pada tubuh karena mengandung gula dalam jumlah cukup banyak. Namun, asal kamu tahu energi dari makanan manis juga bakal cepat menguap. Hasilnya, dalam 3-4 jam kamu bakal merasa lapar lagi. Selain itu, makanan ini tak baik dikonsumsi karena bakal menyebabkan diabetes.

  • Makanan cepat saji

Makanan jenis ini sering menjadi pilihan saat kita tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan saat sahur. Namun ternyata makanan cepat saji tidak baik untuk sahur, karena makanan ini akan membuat rasa kenyang tak bertahan lama, selain itu lemak dalam tubuh akan menumpuk dan membuat berat badan kita naik.

Pakdok mengucapkan “Selamat menyambut bulan suci Ramadhan”, semoga puasa kita nyaman dan membawa berkah ya guys. (EDA/CM)

Sumber:

  1. Yuhenda J. 4 Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dhindari Saat Sahur. https://www.rappler.com/indonesia/135885-jenis-makanan-dihindari-sahur-puasa
  2. Ratnasari ED. Makanan Yang Dianjurkan dan Dihindari Saat Sahur. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170602154350-262-218941/makanan-yang-dianjurkan-dan-dihindari-saat-sahur
  3. 11 Makanan & Minuman Yang Kudu Dihindari Saat Sahur & Berbuka. https://food.idntimes.com/dining-guide/pinka-wima/11-makanan-minuman-yang-harus-dihindari-saat-sahur-berbuka/full

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store