Jenis Perawatan Kecantikan Yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

88

Semua wanita di seluruh dunia pasti selalu mendambakan memiliki kulit dan rambut yang terawat untuk menunjang penampilannya, tidak terkecuali pada wanita yang sedang hamil. Namun, menjaga kecantikan saat sedang hamil tidaklah mudah, karena ibu harus berhati-hati memilih produk-produk kecantikan agar tidak membahayakan janin. Terkadang saat trimester pertama, beberapa wanita kerap mengalami mual begitu mencium aroma makanan atau melihat sesuatu. Nah, sebaiknya perawatan kecantikan yang biasanya dilakukan sebelum hamil, ada baiknya ditunda hingga sampai persalinan terjadi. Pertahankan kondisi fisik tubuh dan juga bayi yang ada di kandungan, dengan menghindari jenis perawatan atau produk kecantikan di bawah ini.

 

  1. Produk perawatan wajah

Saat hamil, beberapa ibu mungkin mendapatkan jerawat karena pengaruh hormon kehamilan. Untuk itu, para wanita biasanya melakukan berbagai perawatan untuk membuat wajahnya tetap bersih, cerah, dan terhindar dari jerawat. Namun, Anda harus hati-hati dalam memilih produk kecantikan wajah saat hamil. Sebaiknya Anda memilih produk yang tidak mengandung  accutane (isotretinoin), retin-A (tretinoin), retinol, asam retinoat, BHA, beta hydroxy acid, differin (adapelene), asam salisilat, dan tetrasiklin. Bahan-bahan ini biasanya dapat Anda temukan dalam obat jerawat, produk pembersih wajah, toner, dan produk antipenuaan. Penggunaan produk yang mengandung bahan-bahan ini berbahaya karena dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi dan berbagai komplikasi kehamilan.

 

  1. Produk pewarna rambut

Penelitian mengenai penggunaan cat rambut saat kehamilan mungkin masih sedikit. Beberapa ahli pun menyarankan agar ibu hamil tidak mengecat rambutnya selama kehamilan. Hal ini disebabkan karena Produk pewarna rambut juga mengandung bahan kimia berbahaya kalau digunakan saat hamil. Kandungan bahan kimia yang mengubah warna bisa membuat janin mengalami gangguan sehingga wanita disarankan untuk tetap mempertahankan warna dari rambutnya terlebih dahulu hingga persalinan datang.

 

  1. Produk pewarna bibir (Lipstik)

Saat Anda hamil, sebaiknya jangan main-main dalam memilih lipstik. Perhatikan kandungan bahan dalam lipstik tersebut. Jangan memilih lipstik yang mengandung timbal karena bisa menyebabkan keracunan. Beberapa merek lipstik mungkin mengandung timbal untuk membuat warna lipstik lebih tahan lama. Jadi ibu perlu berhati-hati dan memperhatikan kandungannya jika ingin membeli dan mengenakan lisptik.

 

  1. Produk pewarna kuku

Selama hamil sebenarnya diperbolehkan menggunakan pewarna kuku, namun ibu hamil harus berhati-hati saat memilih produk yah. Karena sebagian besar produk pewarna kuku mengandung phthalates. Karena menurut beberapa penelitian, menggunakan produk kecantikan yang mengandung phthalates saat hamil dapat meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi. Selain pada cat kuku, phthalates juga terdapat pada hairspray.

 

Itulah beberapa jenis produk kecantikan yang tidak boleh ibu hamil gunakan. Untuk kesehatan dan keselamatan janin, sebaiknya ibu berhati-hati dalam menggunakan produk kecantikan. Selalu perhatikan kandungan yang dalam produk tersebut dan ada baiknya sebelum menggunakan produk tersebut berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu. Bunda juga dapat bertanya kepada kami melalui aplikasi Pakdok, yang selalu siap melayani Anda! (RA/CM)

 

Daftar Pustaka

https://halodoc.com/perawatan-kecantikan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store