Jerawatan Gara-gara Makan Cokelat, Masa Sih?

131

Cokelat merupakan salah satu jenis cemilan yang paling disukai di seluruh dunia, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa orang dewasa bahkan kerap mengkonsumsi cokelat saat mood mereka sedang buruk. Hal ini dikarenakan cokelat dipercaya dapat membantu memperbaiki mood dan mengurangi stress.

 

Selain dapat membantu mengurangi stress, para ahli menduga bahwa konsumsi cokelat juga dapat membantu menurunkan resiko depresi. Hal ini dikarenakan cokelat mengandung serotonin, yang merupakan suatu anti depresan alami.

 

Selain dapat membantu memperbaiki mood, mengurangi stress, dan mencegah depresi; cokelat ternyata masih memiliki manfaat menakjubkan lainnya, yaitu menghambat pembentukan garis-garis halus pada wajah. Hal ini dikarenakan cokelat mengandung berbagai jenis antioksidan alami di dalamnya.

 

Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, Anda mungkin harus mengurangi konsumsi cokelat Anda. Hal ini dikarenakan cokelat dipercaya dapat memicu timbulnya jerawat.

 

Menurut seorang professor kulit di Yale School of Medicine, Amerika Serikat, berbagai jenis makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi (dapat meningkatkan kadar gula darah dalam waktu singkat), seperti cokelat, akan membuat minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak kulit menjadi lebih kental, yang akan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat, sehingga terbentuklah jerawat.

 

Selain itu, konsumsi cokelat terlalu banyak juga akan menyebabkan peningkatan proses peradangan di dalam tubuh. Bila peningkatkan proses radang ini “bertemu” dengan bakteri, maka jerawat pun tidak terhindarkan.

 

Walaupun demikian, bukan berarti Anda harus berhenti mengkonsumsi cokelat sama sekali, Anda hanya perlu lebih jeli dalam memilih jenis cokelat dan jumlah cokelat yang Anda konsumsi. Pilihlah dark cokelat karena cokelat jenis ini mengandung lebih sedikit susu dan gula, artinya lebih sedikit lemak jenuh dan gula (tidak membuat minyak yang dihasilkan kelenjar minyak kulit mengental) serta mengandung lebih banyak antioksidan. Selain itu, dark cokelat ternyata juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda lho!

Sumber: prevention