Kacamata Antiradiasi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

257

Di era serba modern dan hi-tech seperti sekarang ini, hampir semua lapisan masyarakat tidak terlepas dari perangkat digital mereka. Anda bisa menemukan orang menatap layar perangkat digital nya dimana saja dan kapan saja. Menatap layar perangkat digital berlama-lama seakan sudah menjadi kebiasaan umum di masyarakat. Kebiasaan ini tanpa disadari dapat mempengaruhi kesehatan mata. Terutama untuk sebagian orang yang harus bekerja menggunakan komputer, maka matanya akan memandang layar dalam waktu lama. Untuk melindungi kesehatan matanya, sebagian orang menggunakan kacamata antiradiasi, namun apakah kacamata tersebut bisa menjadi pelindung utama bagi orang yang bekerja lama dengan komputer ataupun perangkat digital lainnya? Yuk simak tulisan berikut untuk lebih tau tentang kacamata antiradiasi!

  • Pengertian kacamata antiradiasi

Beberapa jenis paparan sinar dapat menyebabkan kerusakan mata dalam kondisi tertentu. Misalnya, terlalu banyak paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat meningkatkan resiko penyakit mata, seperti katarak. Kacamata antiradiasi merupakan kacamata yang dibuat dengan tujuan melindungi mata dari paparan sinar saat menatap layar komputer atau perangkat digital dalam jangka waktu lama. Pada kacamata antiradiasi terdapat lapisan khusus pada bagian lensa kacamata untuk mengurangi silau atau pantulan sinar sehingga membuat mata lebih nyaman untuk menatap layar komputer atau perangkat digital dalam waktu lama.

  • Efektifitas kacamata antiradiasi

Untuk efektifitas dari kacamata antiradiasi bergantung pada pemakainya. Bila sebelumnya Anda tidak memiliki masalah mata tertentu, mungkin penggunaan kacamata ini akan terlalu berpengaruh. Namun, bila Anda memiliki masalah mata tertentu sebelumnya dan pekerjaan Anda mengharuskan untuk bekerja di depan layar monitor dalam waktu yang lama, kacamata jenis ini bisa jadi berpengaruh untuk anda. Sebaiknya sebelum menggunakan kacamata antiradiasi, berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter mata Anda. Untuk kenyamanan pengelihatan Anda, kacamata tersebut akan disesuaikan dengan kondisi pengelihatan Anda.

  • Tips melindungi mata dari paparan sinar computer atau perangkat digital

Kacamata antiradiasi mungkin hanyalah salah satu upaya untuk melindungan mata dari paparan sinar komputer atau perangkat digital. Namun ada hal yang lebih penting untuk melindungi mata Anda yaitu

  • Duduk sekitar 25 inci (kurang lebih 60 centimeter) dari layar komputer dan posisikan layar sehingga Anda sedikit menunduk ke bawah ketika melihat layar, dengan jarak 5 sampai 6 inci (kurang lebih 12-15 centimeter) dari garis pengelihatan lurus Anda.
  • Beristirahatlah secara teratur dengan menggunakan aturan 20-20-20, yaitu palingkan tatapan Anda dari layar monitor setiap 20 menit sekali dan mengistirahatkan mata Anda minimal selama 20 detik dengan melihat objek atau benda yang jarak jauhnya sekitar 20 kaki (6 meter).
  • Anda dapat mengurangi silau layar dengan menggunakan matte screen filter atau anti-glare.
  • Sesuaikan contrast cahaya layar anda dengan pencahayaan ruangan Anda, selain itu sesuaikan juga contrast serta ukuran teks, warna dan cold temperature pada layar Anda.
  • Ketika mata Anda terasa kering, gunakan air mata buatan untuk menyegarkan dan melembapkan mata.
  • Bila Anda pengguna contact lens, beri mata Anda istirahat dengan menggunakan kacamata Anda.

Penggunaan komputer atau perangkat digital terlalu lama banyak menimbulkan gejala pada mata, namun biasanya gejala itu akan menghilang beriringan dengan berkurang atau berhentinya penggunaan komputer atau perangkat digital tersebut. Bila gejala tersebut menetap sebaiknya segera periksakan mata Anda ke dokter mata. (LAM)

REFERENSI

Leung, T. W., Li, R. W., & Kee, C. S. (2017). Blue-Light Filtering Spectacle Lenses: Optical and Clinical Performances. PloS one12(1), e0169114. doi:10.1371/journal.pone.0169114

Bogdănici, C. M., Săndulache, D. E., & Nechita, C. A. (2017). Eyesight quality and Computer Vision Syndrome. Romanian journal of ophthalmology61(2), 112-116.

Akinbinu, T. R., & Mashalla, Y. J.* (2014). Impact of computer technology on                  health: Computer Vision Syndrome (CVS). Medical Practice and Reviews,                        5(3), 20-30. https://doi.org/10.5897/MPR.2014.0121

https://opto.ca/health-library/the-20-20-20-rule

https://allaboutvision.com/cvs/computer_glasses.htm

https://aao.org/eye-health/diseases/what-is-eye-strain

https://aao.org/eye-health/tips-prevention/are-computer-glasses-worth-it


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store