KACAMATA HITAM DAPAT MENCEGAH KATARAK?

4

Tahukah Anda bahwa penderita katarak hingga saat ini masih sangat tinggi? Iya. Di Indonesia, katarak diderita oleh lebih dari 3 juta orang dan dari jumlah tersebut, kebutaan akibat katarak (bila tidak diobat) diderita oleh lebih dari 1,3 juta orang! Sangat bahaya dan menakutkan. Lantas, apakah katarak bisa dicegah? Apakah benar kacamata hitam memiliki efek pada katarak? Mari simak artikel berikut untuk memahami lebih lanjut!

Katarak Akibat Sinar Matahari!

American Academy of Ophthalmology (AAO) telah meningkatkan penyabaran pengetahuan tentang penyakit mata sebagai akibat paparan sinar matahari—salah satunya katarak, yaitu gambaran kabur seperti awan pada mata yang dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan penglihatan.Bahkan bisa sampai buta!

Katarak sendiri adalah penyakit yang umum terjadi, terutama seiring bertambahnya usia. Jika ditelusur, sebenarnya katarak juga berhubungan dengan jenis kelamin, kecenderungan genetik (bila ada keluarga yang katarak, sangat mungkin Anda terkena katarak juga), merokok, diabetes mellitus, obat-obatan yang Anda dan paparan lingkungan terhadap radiasi UVB. Jadi masih banyak faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan katarak, hanya saja ternyata memang sinar matahari merupakan salah satu faktor pentingnya! Diperkirakan di seluruh dunia, 20% katarak disebabkan oleh paparan sinar matahari, lho.

Bagaimana cara sinar UV menyebabkan katarak?

Sel-sel di dalam lensa mata kita kebanyakan mengandung air dan protein, dan memiliki komposisi yang berbeda dengan sel lain. Susunan sel-sel lensa yang tidak biasa ini menjadikan lensa berwarna transparan, punya kemampuan untuk meneruskan cahaya dan memfokuskannya pada retina di bagian belakang mata. Ketika katarak terbentuk, protein di dalam sel-sel lensa menunjukkan tanda-tanda kerusakan oksidatif, dan sel-sel ini akhirnya menjadi berkelompok, cahaya lebih banyak tersebar bukan diteruskan ke retina, susunan protein yang rapi menjadi berantakan, hal inilah yang menyebabkan katarak.

Bagaimana Cara Kacamata Hitam Melindungi dari Katarak?

Menggunakan kacamata hitam sedini mungkin dapat mengurangi resiko keparahan penyakit katarak, bahkan bisa mengurangi resiko kebutaan. Perlu diingat bahwa bagian yang berbahaya dari sinar matahari adalah kandungan sinar UV nya, dan sebagai catatan bahwa sinar UV ini muncul pada sepanjang tahun! Jadi sedini mungkin Anda membiasakan diri menggunakan kacamata hitam, tentunya semakin baik.

Ketika Anda berbelanja dan memilih kacamata hitam yang lebih penting adalah kemampuan menangkal UV-nya, bukan harga, desain apalagi mereknya. Penting juga bagi Anda untuk ingat bahwa lensa yang lebih gelap tidak secara otomatis memiliki perlindungan UV yang lebih baik. Jadi mulailah untuk bertanya, seberapa baik kemampuan menangkal UV dari kacamata yang akan Anda beli? Para ahli menyarankan untuk menggunakan perlindungan UV hpada kadar diatas 400.

Tips Memilih Kacamata Hitam

Saat memilih kacamata hitam, cari jenis yang:

  1. Mampu memblokir 99% hingga 100% sinar UVA dan UVB
  2. Membaurkan 75% hingga 90% cahaya
  3. Sesuaikan bentuk wajah Anda, dengan bingkai yang dekat dengan mata
  4. Memiliki kandungan warna abu-abu yang sangat membantu saat mengemudi
  5. Jangan lupa untuk juga konsultasikan perihal penggunaan kacamata hitam pada dokter Anda!(TYA)

DAFTAR PUSTAKA

  1. Report of Vision 2020. The International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB) Workshop Indonesia.
  2. Linetsky M, Raghavan CT et al. “UVA light-excited kynurenines oxidize ascorbate and modify lens proteins through the formation of advanced glycation end products: implications for human lens aging and cataract formation.” Journal of Biological Chemistry, May 2014. DOI: 10.1074/jbc.M114.554410.
  3. Healthline. Put on those Shades… Sunglasses Can Help Prevent Eye Disease, tersedia di https://www.healthline.com/health-news/sunglasses-help-prevent-eye-disease#1