Kacamata hitam rp50.000,00 vs rp500.000,00, apa bedanya?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

148

Pernarkah Anda bertanya-tanya, mengapa harga kacamata hitam (sunglasses) bisa bervariasi begitu lebar? Keduanya sama-sama berlapis warna hitam. Apa pembedanya? Tentu saja selain ‘brand’ atau merk pembuatnya, atau ketebalan dan tingkat kekuatan framenya, apakah fitur-fitur lain dari bagian ‘kaca’ juga berpengaruh terhadap harga? Mari kita simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya.

 

Kacamata Hitam Bukan Sekedar Materi untuk Gaya-gayaan.

Kacamata hitam berfungsi juga sebagai pelindung bagi mata. Tahukah Anda UV dan radiasi lain dari matahari juga bisa membahayakan mata Anda? Sinar UV yang dapat menyebabkan beragam penyakit mata, contohnya, mata merah, kering, gatal, hingga kerusakan retina permanen yang dapat menyebabkan kebutaan.

 

Sinar UV terbagi atas UV-A, UV-B dan UV-C.

  • Sinar UVA memiliki gelombang yang panjang dan melewati kaca dengan mudah, namun para ahli masih berdebat perihal kemampuan UVA dalam merusak mata, tapi tentu saja, ada baiknya untuk selalu berhati-hati.
  • Sinar UVB adalah sinar yang paling berbahaya, sinar inilah yang membuat penggunaan kacamata hitam dan tabir surya menjadi wajib, karena sinar ini mampu menembus kaca.
  • Sinar UVC tidak mencapai bumi karena atmosfer dapat menghalangi.

 

Sun Protection Factor (SPF) juga Terdapat di Kacamata?

Kebanyakan orang sangat mempedulikan nilai SPF dalam sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan matahari, tetapi sedikit dari kita yang tahu pasti apakah kacamata hitam dapat melindungi mata kita dari radiasi UV yang berbahaya. Perlu diketahui bahwa ternyata kacamata hitam yang baik (dan biasanya mahal) mengandung berlapis perlindungan, beberapa diantaranya ada:

  • Blue-blocker. Beberapa bukti menunjukkan bahwa cahaya biru berbahaya dan dapat meningkatkan risiko kerusakan mata dari penyakit seperti kerusakan pada saraf penerima warna. Lensa ini populer di kalangan pemain ski, nelayan dan pilot.
  • Polarized lenses dan anti-reflective coating. Polarized lenses populer di kalangan orang yang bermain olahraga air. Anti-reflective coating mengurangi silau yang disebabkan oleh cahaya yang memantul dari permukaan belakang kacamata hitam Anda.
  • Mirror-coated lenses membatasi jumlah cahaya yang masuk ke mata Anda, jadi Anda lebih nyaman.
  • Gradient lenses lapisan berwarna dari atas ke bawah, sehingga bagian atas lensa merupakan bagian paling gelap. Lensa ini bagus untuk mengemudi, karena melindungi mata Anda dari sinar matahari dan memungkinkan lebih banyak cahaya menembus bagian bawah lensa sehingga Anda dapat melihat dashboard Anda dengan lebih jelas.

 

Catatan penting: Dua jenis perlindungan yang sebaiknya dimiliki kacamata Anda setiap kali Anda berada di luar ruangan yaitu perlindungan terhadap UV yang mampu melindungi mata Anda dari sinar matahari berbahaya dan lapisan polarized. Kemampuan perlindungan terhadap ultraviolet sangat penting sedangkan lapisan polarized merupakan preferensi. Keduanya serupa dan bekerja dengan cara yang sama tetapi dengan manfaat yang berbeda. Kacamata terpolarisasi memang menawarkan kejelasan gambar yang lebih baik tetapi dengan perlindungan UV utuh.

 

Penting bagi Anda untuk menyesuaikan jenis lapisan lensa yang akan Anda gunakan sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Konsultasikan dengan dokter mata atau petugas optik Anda untuk perlindungan yang lebih maksimal.

 

Apakah Saya Harus Membeli Kacamata Hitam yang Mahal?

Anda tidak perlu membeli kacamata hitam yang mahal. Carilah kacamata hitam dengan label perlindungan UV penuh, atau proteksi terhadap UVA dan UVB, atau “UV 400,” yang artinya menghalangi cahaya pada panjang gelombang hingga 400 nanometer (yang mencakup sinar UVA dan UVB). Warna lensa tidak penting. Lensa yang lebih gelap tidak selalu berarti lebih banyak perlindungan, yang lebih utama adalah kemampuan proteksi terhadap sinar UV.

 

Sinar matahari paling kuat antara jam 10 pagi dan 2 siang, tetapi bukan hanya itu waktu sinar UV mempengaruhi mata Anda. Pun, kebanyakan orang berpikir bahwa mereka berisiko hanya ketika berada di luar pada hari yang cerah, tetapi Anda perlu tahu bahwa sinar UV dapat menembus awan, jika langit mendung bukan berarti aman-aman saja.

 

Maka, mulai saat ini gunakan kacamata hitam bukan hanya untuk sekedar gaya-gayaan tapi juga sebagai bagian dari kesehatan. (TYA)

 

DAFTAR PUSTAKA

 

  1. Behar-Cohen, F., Baillet, G., de Ayguavives, T., Garcia, P. O., Krutmann, J., Peña-García, P., Reme, C., … Wolffsohn, J. S. (2013). Ultraviolet damage to the eye revisited: eye-sun protection factor (E-SPF®), a new ultraviolet protection label for eyewear. Clinical ophthalmology (Auckland, N.Z.)8, 87-104.
  2. Gary Heiting. 2018. Sunglasses: Frequently Asked Questions dapat diakses melalui https://allaboutvision.com/faq/sunglasses.htm

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store