Kadar Gula Darah Naik Risiko Kencing Manis Lho! Cegah Sebelum Terlambat Dengan Cara Ini

277

Dalam proses pencernaan, makanan yang Anda makan, terutama karbohidrat, dipecah menjadi glukosa, sejenis gula. Aliran darah Anda kemudian membawa gula ini ke jaringan tubuh dan organ untuk digunakan sebagai bahan bakar. Mempertahankan kadar gula darah yang stabil tidak hanya penting untuk menyediakan energi, namun juga dapat mengurangi risiko komplikasi diabetes. Apakah Anda menderita diabetes atau hanya ingin menghilangkan kemerosotan energi sehari-hari, apa yang Anda makan dan saat Anda makan adalah kunci untuk menghindari lonjakan gula darah. Dengan membuat beberapa penyesuaian dalam perencanaan makan, Anda dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda sepanjang hari.

 

Berikut Cara Menjaga Kadar Gula Tetap Stabil Agar Tidak Berisiko Mengalami Kencing Manis:

1.      Sarapan

Mulailah hari Anda dengan sarapan pagi. Menurut Universitas Clemson, sarapan pagi mengisi kembali gula darah setelah tidur nyenyak dan memberi energi pada tubuh Anda sehingga Anda tampil lebih baik secara mental dan fisik. Memasak oatmeal dengan susu rendah lemak dan buah segar atau roti gandum dan selai kacang dengan apel adalah pilihan yang baik untuk sarapan Anda.

2.      Makanan Yang Seimbang

Buat makanan dan makanan ringan yang menggabungkan karbohidrat, protein dan sejumlah kecil lemak. Ketika makanan ini digabungkan, proses pencernaan memakan waktu lebih lama, memberi tubuh Anda bahan bakar yang dibakar lebih lambat sehingga membantu mempertahankan kadar gula darah yang stabil. Dada ayam tanpa kulit dengan nasi merah dan brokoli kukus atau yogurt rendah lemak dengan buah segar dan sepotong roti gandum adalah kombinasi makanan karbohidrat-protein-lemak yang sangat baik.

3.      Makan Lebih Sering

Makan beberapa makanan kecil, merata setiap hari dan hindari melewatkan waktu makan utama. Jadwalkan waktu makan, beri jarak antara makan 3-4 jam untuk memastikan tubuh Anda mendapat bahan bakar sepanjang hari, yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Menurut University of Rochester Medical Center, melewatkan waktu makan dapat menyebabkan penurunan kadar glukosa darah sehingga dalam menghemat energi maka secara negatif mempengaruhi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi.

4.      Makanan Kaya Serat

Tambahkan karbohidrat kaya serat ke makanan harian Anda. New York University Langone Medical Center melaporkan bahwa untuk orang dengan diabetes tipe 1 atau 2, diet serat tinggi dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Makanan berserat tinggi seperti roti gandum, sereal, buah, sayuran segar dan kacang polong adalah pilihan bagus.

5.      Hindari Makanan Olahan dan Junk Food

Hindari makanan olahan termasuk tepung putih, gula dan produk yang dibuat bersama mereka, seperti permen, kue, roti putih dan minuman manis. Gula sederhana berkilau dan halus dapat menyebabkan gula darah Anda melonjak dan kemudian menyebabkan masalah kesehatan, begitu pula dengan konsumsi junk food yang tinggi kalori minim nutrisi.