Kadar Gula Darah Terlalu Rendah? Perhatikan Apa yang Anda Makan!

282

Hipoglikemia atau kadar gula darah yang terlalu rendah dapat membahayakan jiwa dan kesehatan Anda. Serangan hipoglikemia dapat diatasi dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang tepat.

Mengkonsumsi makanan yang tepat merupakan hal terpenting untuk mencegah terjadinya hipoglikemia. Beberapa gejala hipoglikemia yang dapat ditemukan adalah:

  • Nyeri kepala
  • Gangguan proses berpikir
  • Mudah marah hingga perilaku agresif
  • Pusing
  • Keinginan yang kuat untuk mengkonsumsi makanan manis

Bila tidak segera ditangani karena miripnya gejala dengan berbagai gangguan kesehatan lainnya, hipoglikemia dapat menyebabkan terjadinya koma, bahkan kematian.

Saat hipoglikemia berlangsung, maka tubuh akan berusaha untuk mencegah penurunan kadar gula darah dengan menghasilkan hormon stress dan adrenalin.

Bila Anda pernah mengalami hipoglikemia, maka pastikan Anda mengkonsumsi makanan secara teratur sepanjang hari, terutama makanan yang mengandung banyak protein dan serat untuk menjaga kestabilan kadar gula darah di sepanjang hari.

Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak serat adalah alpukat, pisang, kacang-kacangan, oat, brokoli, bayam, beras coklat, apel, lemon, dan jeruk bali. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak protein adalah ikan, gandum, keju mentah, yogurt rendah lemak, daging tanpa lemak.

Hindarilah mengkonsumsi kafein, anggur (termasuk jus buah), makanan yang terbuat dari tepung, dan permen dalam jumlah berlebihan. Karena walaupun makanan dan minuman ini dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dalam waktu singkat saat Anda mengalami serangan hipoglikemia, akan tetapi berbagai jenis makanan dan minuman ini juga dapat menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

Saat seseorang mengalami hipoglikemia, maka ia mungkin akan sangat ingin mengkonsumsi makanan manis. Hal ini merupakan salah satu cara tubuh untuk meningkatkan kadar gula darah dalam waktu singkat.

Akan lebih baik bila Anda tidak mengkonsumsi permen, minuman bersoda atau berbagai makanan dan minuman manis lainnya saat mengalami serangan hipoglikemia, tetapi pilihlah makanan yang mengandung protein dan atau serat. Berolahraga secara teratur dan mengurangi stress juga dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

Sumber: ehow