Kaki Terasa Kebas Saat Hamil, Normalkah?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

561

Walaupun kehamilan memang dapat membuat seorang wanita mengalami berbagai gejala aneh dan tidak biasanya, akan tetapi salah satu hal paling aneh yang dapat Anda alami saat hamil justru terjadi saat Anda sedang berjalan, yaitu Anda tiba-tiba tidak dapat merasakan di mana kaki Anda.

Baca juga: Apakah Boleh Makan Kacang Saat Hamil?

Apakah hal aneh yang Anda alami ini memang normal terjadi pada ibu hamil? Para ahli mengatakan bahwa hal ini ternyata merupakan sesuatu hal yang normal terjadi. Sekitar seperempat ibu hamil mengalami rasa kebas alias mati rasa di daerah kaki, yang paling sering terjadi saat kehamilan memasuki trimester ketiga (7-9 bulan).

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan perut Anda yang membesar, yang mengakibatkan saraf skiatika Anda tertekan. Saraf skiatika merupakan saraf yang berasal dari panggul, yang “berjalan” turun ke kedua kaki Anda.

Untuk mengatasi rasa kebas di daerah kaki Anda, maka dianjurkan untuk berbaring dengan menghadap ke arah kiri selama beberapa menit saat rasa kebas ini muncul. Keadaan ini akan membuat tekanan di daerah saraf Anda berkurang, sehingga rasa kebas di daerah kaki Anda pun akan segera menghilang dan diharapkan tetap demikian saat Anda duduk maupun berjalan. Akan tetapi, bila rasa kebas tidak juga hilang, dianjurkan agar Anda berbaring kembali selama beberapa menit dengan posisi yang sedikit berbeda sehingga isi rongga perut Anda pun sedikit bergeser.

Jika rasa kebas ini menjadi sesuatu hal yang terus-menerus mengganggu Anda selama hamil, maka Anda dapat mencoba menggunakan penyangga perut, yang dapat membantu “mengangkat” rahim yang berat sehingga tidak lagi menekan saraf skiatika.

Rasa kebas yang dirasakan pada kedua kaki saat hamil merupakan hal yang normal terjadi dan biasanya hanya berlangsung sementara. Rasa kebas pada kaki ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya setelah Anda melahirkan.

Segera hubungi dokter Anda bila rasa kebas hanya mengenai salah satu kaki (kiri atau kanan) dan bila disertai dengan berbagai gejala lain seperti pembengkakan di daerah betis yang membuat ukuran kedua kaki Anda tampak berbeda. Hal ini dapat merupakan pertanda adanya bekuan darah yang menyumbat aliran darah di daerah betis Anda. Jika keadaan ini tidak segera diobati, maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi lain yang lebih serius seperti stroke.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store