Kanker : Apakah yang perlu diketahui dan bagaimana pencegahannya?

359

Kanker merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian utama diseluruh dunia. Berdasarkan hasil RISKESDAS pada tahun 2013 prevalensi penyakit kanker di Indonesia pada penduduk semua umur mencapai 0,14 persen dari total penduduk, atau sebesar 347.792 orang. Kanker serviks dan kanker payudara diketahui menjadi jenis kanker terbanyak yang diderita penduduk wanita. Sedangkan kanker prostat menjadi kanker terbanyak yang diderita penduduk pria.

Penyakit kanker sendiri adalah penyakit yang timbul akibat pertumbuhan tidak normal sel jaringan tubuh yang berpotensi untuk menyebar ke bagian tubuh lainnya. Penyakit ini dapat menyerang semua umur, namun paling sering terjadi pada umur diatas 40 tahun. Kanker bukan hanya satu penyakit tapi banyak penyakit. Ada lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda. Sebagian besar kanker diberi nama untuk organ atau jenis sel di mana mereka mulai berkembang atau terserang. Di masyarakat kanker masih sering dikenal sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor sendiri dibagi menjadi tumor jinak dan ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua tumor ganas.

Secara umum, ada tiga faktor utama penyebab kanker, yaitu :

Faktor Genetik

Penyebab genetik tergolong paling sedikit dibandingkan penyebab lainnya. Kanker akibat faktor genetik terjadi ketika seseorang lahir dengan membawa mutasi genesis dari orang tua mereka. Dengan kata lain, penyebab kanker berasal dari turunan keluarga.

Faktor Paparan Karsinogen

Karsinogen adalah zat penyebab kanker yang bersumber dari zat kimia, radiasi, virus, ataupun hormone. Disekeliling kita terdapat zat karsinogen yang mungkin secara tidak sadar terserap oleh tubuh kita sendiri. Beberapa karsinogen yang ada disekitar kita misalnya nikotin, formalin, radiasi sinar UV, x-ray, virus papilloma dan lain sebagainya.

Faktor Pola Hidup

Ada lima indikator pola hidup yang memengaruhinya:

  1. Indeks massa tubuh tinggi/obesitas
  2. Kurang konsumsi buah dan sayur
  3. Kurang aktivitas fisik
  4. Merokok
  5. Konsumsi alkohol berlebihan

Kanker adalah penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu, mengetahui tentang cara pencegahannya sangatlah penting untuk mencegah penyakit ini berkembang menjadi lebih berbahaya.

Berikut beberapa cara untuk menurunkan resiko terjadinya kanker.

Berhenti Merokok

Merokok merupakan salah satu faktor resiko dari berbagai penyakit, yang salah satunya adalah kanker. Perokok aktif maupun perokok pasif mempunyai resiko yang sama untuk terkena kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat disebabkan oleh rokok adalah, kanker paru, mulut, ginjal, kandung kemih bahkan kanker rahim.

Untuk menghentikan kebiasaan merokok memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Dukungan dari orang sekitar, dan kemauan diri untuk hidup sehat dapat menjadi motivasi yang kuat untuk berhenti merokok. Jika masih dirasa sulit anda bisa meminta bantuan dokter mengenai cara yg bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Diet Sehat

Perubahan pola hidup, dengan menkonsumsi makan-makanan sehat, sebenarnya tidak menjamin seseorang untuk terhindar dari penyakit kanker, namun hal ini tentu dapat menurukan resiko terkena kanker. Yang termasuk diet sehat adalah diet tinggi sayuran dan buah-buahan, serta rendah lemak. Makanan yang berasal dari tanaman mengandung fitonutrien dan antioksidan sangat baik dalam melawan kanker. Contoh sayur dan buah yang dapat menurunkan resiko penyakit kanker yaitu, brokoli, kembang kol, kubis, wortel, anggur, jeruk, dan kacang.

Satu hal lainnya yang perlu dihindari adalah alkohol. Menghindari konsumsi alkohol dapat menurunkan resiko kanker, terutama kanker hati.

Olahraga

Olahraga dapat mempertahankan tubuh anda agar tetap sehat dan bugar. Terutama untuk seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, hal ini bisa menjadi faktor yang dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker maupun penyakitmetabolik lainnya.

Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga berat, cukup dengan jogging, bersepeda, senam, ataupun yoga, yang penting semuanya dilakukan rutin minimal 5 hari dalam seminggu selama kurang lebih 30 menit.

Hindari Matahari

Terdapat tiga jenis radiasi UV (ultraviolet) yang dipancarkan matahari, namun hanya UVA dan UVB yang berpengaruh pada tubuh manusia. Meskipun membantu dalam membentuk sintesis vitamin D bagi tubuh, paparan radiasi UV secara berlebihan dapat menjadi penyebab kulit terbakar dan bahkan kanker kulit.

Mengurangi paparan sinar matahari, terutama pada pukul 10.00 sampai pukul 16.00 adalah salah satu tindakan pencegahan yang baik. Jika anda adalah pekerja yang aktivitasnya lebih banyak dilapangan dan sering terpapar sinar matahari, sebaiknya menggunakan pakaian lengan panjang yang dapat menutupi tubuh anda dari sinar matahari langsung.

Imunisasi

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit kanker adalah imunisasi. Imunisasi yang bisa dilakukan salah satunya adalah imunisasi hepatitis B. Imunisasi ini dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B. Virus ini menyerang organ hati yang apabila sifatnya sudah kronis, dapat menyebabkan kanker hati.

Selain itu imunisasi yang mulai banyak dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker serviks atau kanker leher rahim adalah imunisasi HPV.

Perubahan perilaku

Seks bebas dan pemakaian obat-obatan terlarang juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker, selain HIV dan penyakit menular seksual. Berganti-ganti pasangan untuk berhubungan seksual dapat meningkatkan resiko anda terkena infeksi virus HIV dan HPV. Penderita dengan HIV-AIDS mempunyai resiko terkena kanker anus, hati, dan paru yang lebih tinggi daripada yang bukan penderita. Sedangkan penderita yang terinfeksi HPV meningkatkan resiko terkena kanker serviks, kanker anus, vagina, penis dan kerongkongan.

Pemakaian jarum suntik secara bergantian pada para pengguna obat terlarang juga dapat meningkatkan resiko infeksi HIV, hepatitis B, hepatitis C yang akhirnya juga dapat meningkatkan resiko kanker.

Mengetahui keberadaan kanker saja tidak cukup, ayo turunkan resiko penyakit kanker mulai dari pola hidup sehat !!!


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store