Kapan Saatnya Bayi Sudah Mulai Makan Telur, Ikan, Daging Sapi dan Ayam?

158

Sebagai seorang ibu Anda tentu ingin memberikan makanan yang terbaik bagi anak. Makanan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah seperti ikan, telur dan daging sapi. Kemudian pertanyaan kapan bayi boleh makan itu semua?

Bayi tidak terlahir dengan saluran pencernaan yang langsung sempurna, membutuhkan waktu untuk dapat berkembang secara sempurna. Oleh karena itu bayi memerlukan makanan yang tepat dan sesuai dengan perut kecilnya.

Berikut Waktu Yang Tepat Untuk Bayi Saat Makan Makanan Baru:

Kapan Bayi Boleh Makan Telur?
Banyak dokter merekomendasikan untuk memberi bayi telur sampai usia diatas 1 tahun. Hal ini dikarenakan telur dapat memicu alergi dan bayi yang kecil biasanya mudah mengalami reaksi alaergi.

Apabila keluarga Anda memiliki riwayat alergi, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Beberapa gejala alergi karena telur:

-Bengkak

-Mengi (seperti sakit asma)

-Detak jantung meningkat

Kapan Bayi Boleh Makan Telur Orak-arik?
Telur orak-arik sama dengan pertanyaan kita sebelumnya, tapi putih telur yang biasanya menyebabkan reaksi alergi. Beberapa orang tua akan mulai memberi makan anak-anak mereka telur orak-arik hanya kuning telurnya saja pada usia 9 bulan.

Tapi jika Anda atau anggota keluarga memiliki alergi telur, sebaiknya tunggu sampai usia 2 tahun sebelum mencoba memberi telur anak Anda.

Kapan Bayi Dapat Makan Ikan?
Puree ikan sangat baik untuk bayi, Anda bisa mulai memberikan pada usia diatas 6 bulan. Ikan kaya akan vitamin dan mineral sehingga sangat baik untuk bayi. Pilihan yang baik untuk MPASI seperti ikan salmon, ikan dori.

Kapan Bayi Bisa Makan Daging Sapi
Daging sapi lebih sulit untuk dicerna oleh bayi, terlebih bila daging yang tebal. Bila Anda ingin memberikan kepada bayi Anda, maka Anda perlu menghaluskannya terlebih dahulu dan dimulai pada usia diatas 6-8 bulan. Daging sapi kaya zat besi dan protein.

Kapan Bayi Dapat Makan Ayam?
Anda harus memotong ayam kecil-kecil dan diparut agar bisa dimakan bayi Anda. Anda bisa mulai memberikan daging ayam pada bayi pada usia 7-8 bulan.

Makanan pendamping ASI adalah hal yang penting untuk bayi, pelajari terus makanan apa yang baik untuk bayi Anda dan bila perlu Anda bisa konsultasikan dengan dokter spesialis anak Anda.

Sumber: checkpregnancy