Kapan Sebenarnya Waktu Terbaik Untuk Berolahraga?

230

Tahukah Anda bahwa berolahraga setelah pulang kerja sebenarnya akan membuat olahraga Anda kurang optimal? Hal ini dikarenakan sel-sel otot manusia tidak dirancang untuk beraktivitas berat pada malam hari, yang sebenarnya merupakan waktu istirahat dan waktu tidur.

Pada sebuah penelitian dengan menggunakan tikus percobaan, para ahli menemukan bahwa karena tikus merupakan makhluk nokturnal, maka saat mereka berolahraga di malam hari, maka otot-otot tubuh mereka lebih mampu beradaptasi dengan gerakan olahraga yang dilakukan, dapat menggunakan oksigen dengan lebih baik, dan dapat memetabolisme gula atau lemak dengan baik. Bahkan, otot-otot tikus akan mengaktivasi gen yang dapat membantu mereka beradaptasi dengan olahraga.

Dan karena manusia juga memiliki gen ini, maka para ahli pun percaya bahwa manusia juga akan memperoleh manfaat yang lebih bila mereka berolahraga sesuai dengan waktu bangun mereka, yaitu di pagi hari.

Saat manusia terpapar oleh suasana gelap, maka tubuhnya pun akan mulai mengeluarkan hormon melatonin (hormon yang berfungsi untuk membantu Anda tidur), yang berarti otot-otot tubuh Anda pun sudah mulai memasuki fase istirahat.

Akibatnya, Anda pun tidak dapat berolahraga selama dan sebanyak yang Anda inginkan karena tubuh Anda akan terasa lebih cepat lelah. Berbeda halnya dengan pagi hari, di mana otot-otot tubuh Anda memang sudah “terbangun” dan siap beraktivitas. Oleh karena itu, usahakanlah untuk berolahraga di pagi hari untuk mendapatkan manfaat semaksimal mungkin.

 

Sumber: sheknows