Kapan Seorang Anak Sebaiknya Mulai Berpuasa?

118

Berpuasa memang merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim yang telah dewasa, namun pernahkah Anda bertanya-tanya kapan sebenarnya seorang anak harus mulai berpuasa seperti halnya orang dewasa?

 

Seperti yang tertulis di dalam kitab suci agama Islam, Al Quran, seorang anak dianjurkan untuk mulai belajar berdoa (sholat) saat ia telah berusia 7 tahun, bahkan harus “dipaksa” (diberi hukuman bila tidak sholat) sholat saat ia telah berusia 10 tahun, dan diwajibkan untuk melakukan sholat saat ia telah memasuki usia pubertas.

 

Tanda-tanda pubertas yang dapat ditemukan adalah mulai timbulnya gairah seksual atau tumbuhnya rambut di daerah kemaluan atau keluarnya sperma tanpa disadari saat tidur atau telah berusia 15 tahun. Bagi seorang remaja perempuan, tanda pubertas adalah saat ia telah mulai mengalami menstruasi.

 

Akan tetapi, masih menurut Al Quran, kewajiban sholat ini tidak berlaku pada beberapa keadaan di bawah ini, yaitu:

  • Saat seseorang sedang tertidur
  • Saat seorang anak belum memasuki masa pubertas
  • Saat seseorang mengalami gangguan kejiwaan

 

Jadi, kapan sebaiknya seorang anak mulai diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa di bulan Ramadan?

Sama seperti halnya sholat, menurut Al Quran, seorang anak laki-laki dan perempuan mulai dianjurkan untuk berpuasa saat mereka telah berusia 7 tahun hingga mereka pun mulai terbiasa berpuasa. Para orang tua pun diwajibkan untuk mengajarkan anaknya mulai berpuasa saat sang anak telah berusia 7 tahun. Dan saat sang anak telah memasuki masa pubertas, maka mereka pun wajib untuk berpuasa seperti halnya orang dewasa.

 

Bagaimana bila sang anak baru saja mencapai masa pubertasnya di bulan Ramadan? Bila ulang tahun sang anak yang ke 15 bertepatan dengan hari puasa, maka ia pun wajib berpuasa di hari itu, tetapi hanya setengah hari (hanya hingga pukul 12 siang), akan tetapi hari berikutnya, ia wajib berpuasa penuh (hingga azan maghrib berkumandang).

 

Sumber: islamweb