KAPAN WAKTU TERBAIK UNTUK MEMAKAI BODY LOTION?

18

Kulit merupakan perlindungan pertama tubuh. Perlindungan kulit meliputi saraf, tulang, otot, pembuluh darah, dan semua organ dalam tubuh. Kulit juga mencegah mikroogranisme berbahaya memasuki tubuh. Selain itu kulit turut berperan dalam menjaga suhu tubuh karena kulit mempunyai banyak saraf sensorik yang dapat mengirim sinyal listrik ke otak ketika mendapat rangsangan sentuhan ataupun suhu. Misal jika seseorang merasa kedinginan atau kepanasan, tubuhnya akan menyesuaikan diri dengan menjauhi sumber panas atau dingin tersebut. Selain itu, kulit juga mengatur suhu tubuh dengan cara mencegah keluarnya cairan tubuh lewat pori-pori kulit.

Salah satu kriteria kulit sehat untuk wanita maupun pria adalah kulit yang lembap. Sering kali orang memiliki masalah dengan kelembapan kulitnya. Banyak orang memiliki masalah kulit kering dan seringkali menganggap hal tersebut sepele. Padahal ketika kulit kering, kulit akan mudah terluka dan membuat mikroorganisme lebih mudah masuk. Untuk mencegah kulit kering maka disarankan untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh dan cukup makan buah sayur serta vitamin. Selain itu disarankan untuk memakai sabun yang sesuai dengan jenis kulit serta memakai body lotion untuk menjaga kelembapan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pemakaian body lotion, ada waktu-waktu terbaik untuk menggunakan body lotion pada tubuh. Berikut adalah waktu terbaik untuk menggunakan body lotion pada tubuh:

  1. Setiap setelah mandi

Waktu setelah mandi merupakan salah satu waktu terbaik untuk menggunakan body lotion karena setelah mandi pori – pori kulit terbuka dan dingin sehingga penyerapan body lotion lebih baik.

  1. Setelah terkena air

Pemakaian body lotion tidak berhenti hanya setelah setiap habis mandi. Pemakaian berlanjut setelah setiap kulit terkena air, misalnya setelah cuci tangan, setelah wudhu atau setelah mencuci piring. Mengapa demikian ? Karena air (terutama air panas) membuat tubuh kehilangan kelembapan alaminya atau disebut juga natural moisturizing factor. Maka sebaiknya setelah kulit terkena air, gunakan body lotion atau hand cream agar kulit tidak kering.

  1. Sebelum berolahraga

Bila Anda ingin berolahraga diluar rumah dan cahaya matahari masih terang pastikan mengguna body lotion yang berfungsi sebagai sunscreen agar melindung kulit dari sinar matahari. Gunakan sunscreen tidak hanya di kulit badan namun juga dikulit wajah. Pastikan bahwa sunscreen yang digunakan di wajah merupakan sunscreen yang diperuntukan kulit wajah. Ketika memilih sunscreen, pilihlah sunscreen yang mengandung anti UVA dan UVB. Pasalnya UVA adalah sinar yang menyebabkan aging atau penuan dan UVB adalah sinar yang menyebabkan burning atau terbakar, yang sering kali membuat kulit menghitam. Bila Anda berolahraga dalam ruangan atau cuaca dingin, pemakaian body lotion tetap disarankan agar mengurangi resiko terjadinya kulit kering.

  1. Sebelum tidur

Selama Anda tidur, kulit tubuh akan kehilangan air antar lapisan kulit yang akan membuat kulit tubuh kehilangan kelembapan. Sehingga sering kali membuat kulit kering ketika terbangun di pagi hari. Pastikan Anda menggunakan cream malam pada wajah dan body lotion sebagai ritual malam kamu sebelum tidur.

  1. Setelah shaving

Saat Anda melakukan shaving atau mencukur sebagian rambut halus di lapisan kulit akan menyerap kelembapan kulit. Setelah melakukan shaving Anda perlu melindungi kulit yang baru agar tidak kering. Hal ini berlaku pada kulit pria maupun wanita.

  1. Sebelum dan sesudah di ruangan ber AC

Hal ini sering dihiraukan oleh orang yang lama bekerja di ruangan ber AC. Selain ketika di ruangan ber AC, orang juga sering kali menghiraukan ketika bepergian dengan peasawat ataupun kereta. Dengan waktu yang lama dalam ruang ber AC, dapat merusak kelembapan kulit.

Dari penjelasan diatas maka Anda sudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan body lotion Anda agar menjaga kesehatan kulit Anda. Jangan lupa untuk selalu membawa body lotion yang sesuai dengan jenis kulit Anda ketika bepergian. Hal ini berlaku untuk wanita maupun pria. Jadi jangan lupa rutin memakai body lotion Anda ya! (LAM)

REFERENSI