Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengkonsumsi Air Putih?

464

Tahukah Anda bahwa ternyata untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari air putih, Anda harus mengkonsumsinya pada waktu-waktu tertentu? Di bawah ini Anda dapat melihat kapan saja waktu yang tepat untuk mengkonsumsi air putih di sepanjang hari untuk memaksimalkan manfaatnya bagi kesehatan.

 

Saat Bangun Tidur

Minumlah 1 gelas air putih saat Anda baru bangun tidur untuk mengaktivasi organ-organ dalam tubuh Anda. Selain itu, air putih yang Anda konsumsi ini juga dapat membantu membuang berbagai jenis racun dari dalam tubuh sebelum Anda sarapan.

 

Sebelum Makan

Minumlah 1 gelas air putih 30 menit sebelum makan untuk membantu proses pencernaan. Akan tetapi, pastikan Anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak air putih sebelum atau setelah makan karena air dapat mengencerkan enzim-enzim pencernaan. Selain itu, minum air putih 1 jam setelah makan juga dapat membuat tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik.

 

Sebelum Mandi

Mengkonsumsi 1 gelas air putih sebelum mandi dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

 

Sebelum Tidur

Minumlah 1 gelas air putih 1 jam sebelum tidur untuk menggantikan cairan yang hilang saat Anda tidur di malam hari.

 

Baca juga: Manfaat Air Putih Untuk Tubuh Manusia

 

Bila Anda bingung bagaimana mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap hari pada waktu yang tepat, di bawah ini Anda dapat melihat contoh jadwal minum air putih. Anda dapat menyesuaikan jadwal minum ini dengan jadwal kegiatan sehari-hari Anda.

 

Pukul 07.00 – Gelas Pertama

Minumlah 1 gelas air putih pertama Anda saat Anda bangun tidur untuk menghidrasi tubuh Anda setelah tidur semalaman. Kemudian, setidaknya 30 menit kemudian, Anda boleh sarapan.

 

Pukul 09.00 – Gelas Kedua

Kira-kira 1 jam setelah sarapan, konsumsilah 1 gelas air putih kembali dan Anda pun dapat memulai aktivitas harian Anda.

 

Pukul 11.30 – Gelas Ketiga

Minumlah segelas air putih 30 menit sebelum makan siang.

 

Pukul 13.30 – Gelas Keempat

Minumlah segelas air putih 1 jam setelah makan siang agar semua nutrisi di dalam makanan dapat dicerna dan diserap dengan baik oleh tubuh.

 

Pukul 15.00 – Gelas Kelima

Anda dapat mengkonsumsi gelas kelima Anda saat ini untuk membantu menyegarkan pikiran Anda kembali.

 

Pukul 17.00 – Gelas Keenam

Mengkonsumsi segelas air putih pada waktu ini dapat membuat Anda tetap kenyang dan mencegah Anda makan secara berlebihan saat makan malam.

 

Pukul 20.00 – Gelas Ketujuh

Minumlah segelas air putih 1 jam setelah makan malam dan sebelum Anda mandi.

 

Pukul 22.00 –  Gelas Kedelapan

Minumlah gelas terakhir Anda sekitar 1 jam sebelum tidur untuk membantu proses perbaikan sel-sel tubuh saat Anda tidur.

 

.