Katarak, Berbagai Hal yang Perlu Anda Ketahui…

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

318

Katarak merupakan pengeruhan lensa mata yang progresif dan tidak nyeri. Katarak akan menyebabkan cahaya yang masuk ke dalam mata terhalang, sehingga mata tidak dapat melihat dengan jelas. Bila terus tidak diobati, maka katarak dapat menyebabkan terjadinya kebutaan. Terjadinya katarak biasanya berhubungan dengan proses penuaan, akan tetapi kadangkala katarak juga dapat terjadi pada orang-orang yang berusia muda.

 

Mengapa Katarak Dapat Mengganggu Penglihatan?

Pada mata normal, cahaya akan masuk ke dalam mata dan menembus lensa mata. Lensa mata kemudian akan memfokuskan cahaya yang masuk pada retina, yang kemudian akan mengirimkan sinyal melalui saraf optikus ke dalam otak dan akhirnya terbentuklah suatu gambaran.

Bila lensa mata menjadi keruh karena katarak, maka gambaran yang Anda lihat pun akan menjadi buram atau tidak jelas. Beberapa gangguan mata lain seperti miopia (rabun jauh) juga dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur, akan tetapi katarak memiliki tanda dan gejala yang berbeda.

 

Apa Penyebab Katarak?

Penyebab pasti katarak hingga saat ini belum diketahui. Walaupun resiko katarak akan semakin meningkat seiring dengan semakin bertambahnya usia Anda, akan tetapi ada beberapa hal lain yang juga dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak seperti:

  • Menderita diabetes
  • Merokok
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan
  • Menderita cedera mata
  • Penggunaan obat golongan kortikosteroid dalam waktu yang lama
  • Paparan sinar matahari atau radiasi yang lama

 

Apa Saja Gejala Katarak?

Penglihatan Kabur

Penglihatan yang kabur saat melihat benda pada jarak berapa pun merupakan salah satu gejala yang paling sering ditemukan pada katarak. Pandangan Anda mungkin akan terlihat seperti berkabut atau berawan atau seperti diselubungi oleh tirai. Seiring dengan berlalunya waktu, katarak akan semakin memburuk, dan semakin sedikit cahaya yang dapat masuk ke dalam retina. Penderita katarak biasanya akan merasa sangat sulit melihat atau mengendarai kendaraan bermotor di malam hari.

 

Melihat Kilatan Cahaya

Gejala awal lainnya dari katarak adalah melihat kilatan cahaya atau sensitif terhadap cahaya. Anda mungkin akan mengalami kesulitan melihat saat matahari sangat terik. Selain itu, cahaya lampu yang sebelumnya tidak mengganggu Anda, sekarang terasa terlalu terang atau terlihat seperti memiliki halo (lingkaran bula di sekitar cahaya). Berkendara di malam hari juga dapat menjadi masalah karena kilatan cahaya dari lampu jalan dan mobil lain.

 

Penglihatan Ganda

Kadangkala, katarak dapat menyebabkan penglihatan ganda saat Anda hanya melihat dengan salah satu mata. Hal ini berbeda dengan penglihatan ganda yang terjadi karena mata juling. Pada katarak, benda akan terlihat lebih banyak (ganda), bahkan bila hanya ada satu mata yang terbuka.

 

Perubahan Warna

Katarak juga dapat mempengaruhi ketajaman penglihatan Anda terhadap warna, yaitu membuat sejumlah warna terlihat memudar. Secara perlahan-lahan, pada penglihatan Anda mungkin akan terlihat semburat kecokelatan atau kekuningan. Pada awalnya, Anda mungkin tidak akan menyadari perubahan warna ini. Akan tetapi, seiring dengan berlalunya waktu Anda akan merasa semakin sulit membedakan warna biru dan ungu.

 

Rabun Dekat Terasa Membaik

Kadangkala, katarak dapat memperbaiki gangguan rabun dekat yang Anda alami. Hal ini dikarenakan katarak dapat berfungsi sebagai lensa mata yang lebih kuat. Fenomena ini disebut dengan second sight, hal ini dikarenakan penderita katarak tidak lagi membutuhkan kacamata untuk melihat dekat. Akan tetapi, seiring dengan semakin memburuknya katarak, kemampuan “baru” Anda untuk melihat dekat akan menghilang dan penglihatan akan kembali memburuk.

 

Sering Mengganti Ukuran Kacamata

Sering mengganti ukuran kacamata atau lensa kontak Anda juga dapat merupakan gejala dari katarak. Hal ini dikarenakan katarak biasanya bersifat progresif, artinya akan terus memburuk seiring dengan berlalunya waktu.

 

Siapa yang Dapat Terkena Katarak?

Sebagian besar kasus katarak terjadi akibat proses penuaan. Akan tetapi, bayi kadangkala dapat dilahirkan dengan menderita katarak, yang disebut dengan katarak kongenital. Anak-anak juga dapat mengalami katarak akibat cedera atau penyakit.

 

Bagaimana Katarak Didiagnosa?

Sebagian besar kasus katarak didiagnosa melalui pemeriksaan mata. Dokter Anda akan memeriksa penglihatan dan mata Anda untuk melihat apakah ada gangguan pada lensa mata atau bagian lain dari mata Anda.

Pengobatan Katarak

Jika Anda mengalami gangguan penglihatan yang disebabkan oleh katarak, maka gangguan penglihatan tersebut tidak dapat diatasi dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak. Untuk mengatasi katarak, Anda memerlukan tindakan pembedahan.

Pada pembedahan katarak, lensa yang keruh akan diangkat dan digantikan dengan lensa buatan. Jika katarak mengenai kedua mata, maka tindakan pembedahan biasanya akan dilakukan satu per satu.

Beberapa hari setelah tindakan operasi dilakukan mata Anda mungkin akan terasa gatal dan lebih sensitif terhadap cahaya. Dokter mungkin akan memberikan obat tetes mata untuk membantu penyembuhan dan akan meminta Anda untuk menggunakan pelindung mata atau kacamata untuk melindungi mata.

Dibutuhkan waktu sekitar 8 minggu untuk proses penyembuhan, walaupun penglihatan Anda biasanya sudah akan mengalami perbaikan segera setelah tindakan pembedahan dilakukan. Anda mungkin akan membutuhkan kacamata, setidaknya sesekali untuk membaca atau melihat benda jauh hingga sembuh total.

Komplikasi akibat operasi katarak sangat jarang terjadi. Salah satu resiko operasi katarak yang paling sering terjadi adalah perdarahan, infeksi, dan perubahan tekanan di dalam mata; yang dapat segera diatasi bila diketahui sejak dini.

Tindakan operasi juga akan sedikit meningkatkan resiko terjadinya ablasio retina atau lepasnya retina dari dinding dalam mata, yang membutuhkan tindakan bedah emergensi.

 

Apakah Anda Perlu Melakukan Operasi Katarak?

Sebenarnya pilihan untuk melakukan operasi atau tidak berada di tangan Anda. Sangat jarang, katarak membutuhkan tindakan pembedahan segera. Katarak biasanya akan mempengaruhi penglihatan secara perlahan seiring dengan berlalunya waktu, jadi banyak orang biasanya menunggu hingga kacamata atau lensa kontak tidak lagi dapat memperbaiki penglihatan. Jika Anda merasa bahwa katarak tidak mengganggu aktivitas hidup Anda sehari-hari, maka Anda dapat menunggu untuk sementara waktu sebelum melakukan operasi.

 

Tips Untuk Mencegah Katarak

Berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan resiko terjadinya katarak adalah:

  • Jangan merokok
  • Selalu gunakan topi atau kacamata hitam di siang hari
  • Kendalikan kadar gula darah Anda
  • Batasi konsumsi minuman beralkohol

Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok