Katarak Pada Lansia

99

Seiring bertambahnya usia seseorang, kemampuan penglihatan juga mengalami penurunan. Sering kali orang usia lanjut mengeluhkan penglihatan yang mulai terasa berkabut. Hal ini membuat rasa tidak nyaman dan mempengaruhi aktivitivitas sehari-hari.

Definisi

Katarak merupakan suatu penyakit degeneratif yang umumnya terjadi pada usia lanjut. Seiring waktu, jaringan lensa Anda menjadi lebih tebal, kurang fleksibel, dan kurang transparan. Warna lensa juga berubah, menjadi kekuningan karena lensa ternoda oleh gumpalan protein. Akhirnya, lensa yang berubah warna mulai menghalangi cahaya yang masuk melalui pupil Anda. GejalaGejala katarak meliputi:·         Penglihatan kabur·         Sulit melihat jelas di malam hari·         Sensitif terhadap cahaya terang·         Warna lensa mulai berubah·         Objek terlihat ganda·         Ukuran lensa kacamata yang sering berubah. Pengobatan katarak pada usia lanjutPengobatan definitif katarak adalah tindakan pembedahan. Pembedahan dilakukan apabila tajam penglihatan sudah menurun sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari atau adanya indikasi medis lainnya seperti timbulnya penyulit. Pembedahan katarak dapat dilakukan dengan beberapa teknik, antara lain EKIK, EKEK, dan fakoemulsifikasi.

Pencegahan

Tidak ada penelitian yang membuktikan bagaimana mencegah katarak atau memperlambat perkembangan katarak. Tetapi dokter berpikir beberapa strategi mungkin bermanfaat, termasuk:

  • Lakukan pemeriksaan mata secara teratur. Pemeriksaan mata dapat membantu mendeteksi katarak dan masalah mata lainnya pada tahap paling awal. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda harus menjalani pemeriksaan mata.
  • Berhenti merokok. Mintalah saran kepada dokter Anda tentang cara berhenti merokok. Obat, konseling, dan strategi lain tersedia untuk membantu Anda.
  • Kelola masalah kesehatan lainnya. Ikuti rencana perawatan Anda jika Anda memiliki diabetes atau kondisi medis lainnya yang dapat meningkatkan risiko katarak Anda.
  • Pilih diet sehat yang mencakup banyak buah dan sayuran. Menambahkan beragam buah dan sayuran berwarna ke dalam makanan Anda memastikan Anda mendapatkan banyak vitamin dan nutrisi. Buah dan sayuran memiliki banyak antioksidan, yang membantu menjaga kesehatan mata Anda. (PP)

Referensi:

1. Mayo clinic. 2018. Cataracts.

2. Health in aging. 2016. Cataracts.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store