Kebiasaan Buruk Yang Memengaruhi Kesehatan Jantung

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

165

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting bagi tubuh kita. Kemampuannya dalam mengalirkan darah ke berbagai penjuru tubuh bisa membuat aktifitas organ tubuh tetap aktif dan kita bisa melakukan banyak hal setiap harinya. Sayangnya, jantung juga termasuk rentan dari berbagai gangguan kesehatan, khususnya jika kita tidak melakukan gaya hidup yang sehat. Tanpa kita sadari, kita banyak melakukan kebiasaan buruk yang bisa memicu masalah kesehatan pada jantung. berikut kebiasaan buruk yang harus anda hindari untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

  1. Duduk terlalu lama

Meskipun Anda rutin berolahraga, duduk berjam-jam untuk menonton televisi, bermain game, atau bekerja dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Pasalnya aktivitas ini apabila dilakukan terlalu lama akan membuat aliran darah Anda menjadi tidak lancar sehingga mempengaruhi kesehatan jantung Anda

  1. Mendengkur

Mendengkur ketika tidur merupakan salah satu kebiasaan buruk yang harus Anda waspadai. Meski sepele, mendengkur saat tidur merupakan tanda awal terjadinya sumbatan jalan napas. Sumbatan ini dapat terjadi akibat adanya masalah pada jalan napas Anda seperti peradangan, infeksi, ataupun keganasan. Mendengkur juga dapat terjadi akibat posisi tidur yang tidak baik atau kegemukan. Apabila sumbatan jalan napas terjadi terus menerus, udara yang mengandung oksigen tidak dapat masuk ke dalam paru, sehingga tubuh kekurangan oksigen. Akibatnya, jantung akan berusaha untuk melakukan kompensasi dengan memacu detak jantung lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan peredaran oksigen di dalam tubuh. Lama kelamaan, kerja jantung yang berat akan membuat jantung kelelahan hingga berhenti.

  1. Jarang membersihkan gigi

Jarang membersihkan gigi, merupakan kebiasaan buruk yang harus segera Anda hindari. Karena kotoran atau sisa makanan yang tersangkut di gigi, juga dapat membuat jantung mengalami berbagai penyakit. Pasalnya, bakteri yang menempel di gigi, bisa menimbulkan peradangan dan mengganggu sirkulasi darah, sehingga kinerja jantung pun juga terhambat. Selain itu, infeksi yang terjadi pada gigi, dapat dengan mudah menyebar pada jantung yang berada lebih rendah daripada organ lain seperti mata atau otak. Infeksi yang menyebar pada jantung dapat menyebabkan penyakit jantung yang mematikan.

  1. Merokok

Merokok dapat meningkatkan pembekuan darah, yang menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah dan penyumbatan aliran darah. Merokok juga dapat menyebabkan kekakuan pada pembuluh darah, sehingga pembuluh darah tidak lagi elastis dan mudah robek apabila terdapat sedikit saja cedera. Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa merokok merupakan faktor risiko penting untuk stroke karena menghirup asap rokok ternyata dapat menghasilkan beberapa efek yang merusak sistem serebrovaskular. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke adalah dengan berhenti merokok.

  1. Konsumsi alkohol

Alkohol memiliki efek yang buruk bagi kesehatan jantung bila dikonsumsi dalam waktu jangka panjang. Akibat yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan konsumsi alkohol adalah penyakit jantung dan meningkatkan risiko darah tinggi (hipertensi). Kelebihan konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan intoksikasi atau keracunan alkohol yang menyebabkan kerusakan organ dalam hitungan menit dan kematian mendadak dalam hitungan jam. (RA/STE/CM)

Daftar Pustaka

https://drjantung.com/kebiasaan-yang-merusak-jantung

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/kebiasaan-yang-merusak-jantung/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store