Kebiasaan Dapur Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

88

Memiliki dapur besar dan berisi bahan makanan yang lengkap merupakan impian setiap manusia. Mereka akan semakin bersemangat untuk memasak aneka kreasi agar dapat menciptakan citarasa baru yang bisa menggugah selera makan.

Meski memiliki dapur yang besar dan lengkap, namun masih banyak masyarakat yang bingung untuk merawat dapurnya dengan baik. Mereka terkadang hanya membersihkan sesuatu yang menurut mereka kotor tanpa memperhatikan lingkungan di sekitar dapur mereka.

Padahal, kebersihan di daerah dapur sangat penting bagi kesehatan keluarga Anda. Justru jika diabaikan, hal-hal ini secara perlahan bisa merusak tubuh. Menyadur dari Times of India, berikut adalah 5 kebiasaan di dapur yang berbahaya bagi kesehatan.

  1. Mengabaikan keran bocor

Anda tentu sering tidak memperhatikan kebocoran, terutama pada pipa-pipa di bawah wastafel dapur. Kebiasaan kita ini mengundang kecoa berkembang biak di dapur Anda. Kecoa ini terkenal karena dapat menyebarkan semua jenis penyakit seperti keracunan makanan dan diare.

  1. Makanan kering yang diletakkan sejajar dengan mata

Setiap kali kita merasa lapar, kita bergegas ke dapur dan mengambil makanan yang tidak sehat dari rak-rak lemari. Untuk menghindari kebiasaan ngemil yang tidak sehat, Anda harus memposisikan ulang semua kue kering, kripik, dan barang-barang makanan yang tidak terlalu sehat di rak bagian atas di mana Anda tidak dapat menjangkau dengan mudah.

  1. Tidak membersihkan scrubber pencuci piring

Apakah Anda pernah membersihkan scrubber setelah mencuci peralatan dapur? Tentunya sebagian besar mengatakan tidak. Tidak membersihkan scrubber piring Anda dari waktu ke waktu dapat menyebabkan bakteri tumbuh di atasnya. Jika Anda tidak ingin mencemari peralatan saat mencuci mereka, maka disarankan untuk mencuci scrubber sesering mungkin dan juga menggantinya dalam waktu satu bulan atau lebih.

  1. Tak menggunakan teflon yang sudah rusak

Apakah Anda menggunakan panci antilengket selama lebih dari 3 tahun? Jika ya, maka Anda harus segera menggantinya. Panci antilengket atau biasa disebut teflon sangat baik untuk memasak makanan tanpa minyak dan sehat tetapi semakin lama wajan ini akan semakin lengket saat dipergunakan. Jika Anda memasak dalam wajan anti-lengket lama, maka ada kemungkinan besar bahwa makanan Anda akan tercampur dengan potongan kecil wajan yang dapat menyebabkan kanker.

  1. Menggunakan papan pemotong untuk semua jenis makanan

Anda pasti melakukan praktik ini. Namun, selalu disarankan untuk tidak menggunakan papan memotong yang sama untuk daging dan sayuran. Anda harus memiliki papan yang terpisah untuk kedua hal tersebut karena tidak sehat untuk menggunakan satu papan pemotong untuk semua bahan makanan. (EDA)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store