Kebiasaan Yang Dapat Menganggu “Kesuburan” Pria

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

346

Setiap pasangan yang sudah menikah pasti mengharapkan segera diberikan momongan yang sehat. Namun, seringkali tidak semua pasangan dapat memperoleh momongan dalam waktu dekat bahkan ada juga tidak mendapatkannya sama sekali. Penyebab dari sulitnya memiliki keturunan ternyata bukan hanya masalah dari sudut pandang perempuan saja. Karena kesempatan untuk memiliki keturunan memerlukan sistem reproduksi yang sehat dari sang suami maupun istri sehingga dalam konseling untuk mempersiapkan kehamilan harus melibatkan suami dan istri sekaligus.

Selain berkonsultasi dengan dokter ahli, ada beberapa aktivitas atau kebiasaan sehari-hari perlu kita perhatikan karena ternyata dapat berpengaruh pada kesuburan pria. Menurut Times of India, beberapa kebiasaan itu adalah:

  1. Laptop “overheating” di pangkuan

Gadget, terutama laptop, memberikan panas pada testis yang dapat merusak sperma. Ketika testis terlalu panas, cenderung akan menghasilkan sperma dalam jumlah yang lebih sedikit. Laptop yang kamu taruh di pangkuan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan baik yang sifatnya sementara atau permanen di daerah genital.

  1. Penyalahgunaan alcohol

Minum alkohol dapat menyebabkan banyak risiko kesehatan, tetapi beberapa orang menyadari bahwa alkohol benar-benar dapat menurunkan kadar testosteron. Selain menyebabkan difungsi ereksi, penyalahgunaan alkohol secara permanen dapat menurunkan produksi sperma dan menurunkan tingkat mobilitas dan kesehatan dari sperma itu sendiri.

  1. Berat badan

Berat badan juga perlu menjadi perhatian utama. Sebab berat badan yang berlebih nggak hanya berakibat buruk pada kesehatan secara keseluruhan tapi juga bisa mempengaruhi kesuburan. Obesitas memicu perubahan hormon yang nggak normal sehingga menyebabkan infertilitas.

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah cara mudah sekaligus murah untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Tapi ternyata bersepeda terbukti menyebabkan kerusakan dalam perineum dan testis, keduanya dapat menurunkan jumlah sperma yang sehat dalam air mani. Efek yang sama juga bisa diperoleh melalui penggunaan sepeda motor dan juga dengan menunggang kuda.

  1. Stress tingkat tinggi

Stress disebut banyak ahli reproduksi sebagai faktor penyebab gangguan kesuburan. Ternyata, pada beberapa kasus, lingkungan kerja yang bikin stress bisa meningkatkan risiko infertilitas dengan mengurangi jumlah sperma yang sehat.

  1. Radiasi telepon genggam

Pria cenderung sering meletakkan telepon genggamnya di saku celana. Padahal, radiasi dari telepon genggam dapat memengaruhi testis dan secara bertahap akan memicu disfungsi ereksi dan infertilitas.

  1. Celana dalam yang terlalu ketat

Banyak pria cenderung memilih celana dalam yang ketat untuk mengurangi gerakan. Sayangnya, hal ini berdampak pada testis dan merupakan kesalahan. Celana dalam ketat membuat rasa panas pada testis yang bisa mempengaruhi jumlah sperma dan fertilitas. Jadi lebih baik, hindari celana ketat dan pilihlah celana dalam yang longgar ya.

Nah, ternyata kebiasaan-kebiasaan di atas tadi seringkali kita lakukan tanpa sadar. Saat menyiasati kebiasaan buruk terutama jika Anda termasuk sulit memperoleh keturunan. (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/What-causes-male-infertility/articleshow/34589515.cms


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store