Kebiasan Remaja Mabuk Rebusan Pembalut

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

77

Masa remaja merupakan masa dimana anak suka mencoba hal-hal yang baru yang ada dilingkunganya. Rasa penasaran yang mendorong remaja mencobanya ditambah lagi dengan lingkungan dan pergaulan dari anak tersebut. Rasa penasaran tersebut harus diarahkan menjadi kegiatan yang positif, karena bila tidak, akan terjadi rasa penasaran yang berkembang menjadi perilaku yang salah. Salah satu contoh rasa penasaran yang berkembang menjadi perilaku yang salah yaitu penggunaan rebusan pembalut yang dapat memabukkan. Lalu bagaimana efek meminum rebusan pembalut dari pandangan medis? Simak artikel berikut!

 

Pembalut yang umunya digunakan oleh para wanita saat datang bulan, kini telah digunakan para remaja untuk alat yang dapat membuat mereka mabuk. Menurut para remaja, pembalut direbus dan mereka meminumnya. Air rebusan tersebut dapat memberikan efek mabuk. Belum jelas apa yang membuat air rebusan pembalut bisa memberikan efek mabuk mirip teler sabu. Namun, para ahli kesehatan menduga bahwa zat-zat kimia tertentu yang ada dalam pembalut mungkin bisa menyebabkannya.

 

Nah, zat kimia di dalam pembalut tersebut dikhawatirkan bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya, pembalut terbuat dari bahan-bahan yang tidak layak untuk dikonsumsi, seperti pulp kertas, polimer (super absorbent polymer/SAP), polyethylene, zat perekat (adhesive), dan klorin. Klorin adalah senyawa kimia bersifat korosif yang dapat menyebabkan iritasi lewat paparan langsung dengan kulit. Apalagi ketika dikonsumsi langsung atau terhirup uapnya. Senyawa kimia ini dapat mengikis organ dan menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dan pernapasan.

 

Selain itu, berbagai bahan lainnya yang terkandung dalam pembalut kemungkinan termasuk jenis karsinogen yang bisa memicu kanker apabila dibiarkan menumpuk dalam tubuh. Senyawa kimia tertentu juga mungkin dapat bereaksi dengan suhu panas ketika direbus sehingga berpotensi membahayakan.

 

Menurut BNN dan dinas kesehatan jawa timur, Minum sedikit dan sekali saja mungkin tidak akan langsung serta merta membahayakan kesehatan. Namun semakin sering dan banyak Anda minum air rebusan pembalut, akan semakin besar risiko bahaya yang mungkin terjadi dalam jangka panjang.

 

Bagaimana? Menakutkan bukan efek samping penyalahgunaan pembalut sebagai minuman memabukkan? Untuk mencegahnya, upayakan untuk menjadi teman untuk anak-anak Anda, terutama saat mereka beranjak remaja. Anda dapat memulai dengan berbagi cerita dengan anak-anak Anda. Usahakan untuk menjawab dan memenuhi rasa penasaran yang sedang berkembang pada masa remaja anak Anda. Dengan menjawab dan memenuhi rasa penasaran remaja, anak Anda tidak akan lagi penasaran dan mencoba hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Bila perlu, Anda dapat melakukan konsultasi kepada kami, untuk menjawab rasa keingintahuan anak-anak Anda dari pandangan medis. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

 

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/remaja-mabuk-pakai-air-rebusan-pembalut/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store