Kecanduan Minuman Beralkohol? Ini yang Terjadi Saat Anda Berhenti…

247

Seperti halnya merokok, minuman beralkohol pun dapat membuat Anda mengalami kecanduan. Kecanduan minuman beralkohol tidak hanya dapat berdampak buruk pada kehidupan sosial dan pekerjaan Anda, tetapi juga pada kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menghentikan kecanduan Anda terhadap minuman beralkohol, di bawah ini Anda dapat melihat beberapa manfaat yang akan langsung Anda peroleh begitu Anda berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol.

Tidur Malam Terasa Lebih Nyenyak

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol sebelum tidur akan meningkatkan gelombang otak alfa, yang biasanya terjadi saat Anda sedang beristirahat tetapi dalam keadaan terbangun. Akibatnya, tidur malam Anda pun akan terganggu.

Sementara itu, beberapa penelitian lainnya juga menemukan bahwa walaupun memang benar bahwa minuman beralkohol dapat membuat seseorang tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak pada awalnya, akan tetapi minuman beralkohol dapat mengganggu kualitas tidur setelah periode awal tersebut berlalu.

Memang benar bahwa saat Anda berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol Anda mungkin akan sulit tidur pada awalnya, akan tetapi Anda akan terbangun dalam keadaan yang lebih segar dan bersemangat di pagi hari. Hasilnya, Anda pun akan memiliki mood yang lebih baik, dapat berkonsentrasi dengan lebih baik, dan kesehatan mental Anda pun akan kembali membaik.

Makan Lebih Sedikit di Malam Hari

Menurut sebuah penelitian, minuman beralkohol merupakan salah satu penyebab tersering dari mengapa seseorang makan secara berlebihan. Hal ini mungkin dikarenakan alkohol akan meningkatkan berbagai fungsi indra Anda, yang akan membuat Anda menjadi lebih sensitif terhadap bau makanan, yang akan membuat Anda ingin makan lebih banyak.

Anda Mungkin Akan Ngidam Makanan dan Minuman Manis

Sama seperti gula, minuman beralkohol akan meningkatkan kadar dopamin, suatu zat kimia yang berfungsi untuk membuat seseorang merasa bahagia dan puas. Oleh karena itu, saat Anda tidak lagi mengkonsumsi minuman beralkohol, maka Anda pun akan mulai mencari pengganti lainnya untuk mendapatkan efek yang sama. Jadi, jangan kaget bila Anda mulai menginginkan minuman manis sebagai ganti minuman beralkohol yang biasa Anda konsumsi.

Berat Badan Menurun

Karena minuman beralkohol sebenarnya mengandung cukup banyak kalori, maka menjadi pecandu alkohol biasanya juga akan membuat berat badan Anda meningkat tanpa Anda sadari. Jadi, saat Anda tidak lagi mengkonsumsi minuman beralkohol dan tidak menggantinya dengan makanan atau minuman manis lainnya, maka berat badan Anda pun akan mulai menurun, bahkan saat Anda tidak berusaha untuk menurunkannya sekalipun.

Kulit Terlihat Lebih Indah dan Berkilau

Selain berbagai hal di atas, beberapa hari setelah Anda berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol, Anda pun akan menyadari kulit Anda terlihat lebih indah, tidak lagi kering. Hal ini dikarenakan alkohol sebenarnya merupakan diuretika, yang akan membuat seseorang menjadi lebih sering buang air kecil. Apalagi alkohol juga menurunkan produksi hormon antidiuretik di dalam tubuh yang berfungsi untuk menyerap air.

Selain kulit tidak lagi kering; ketombe, eksim, dan jerawat Anda pun akan mulai berkurang saat Anda tidak lagi mengkonsumsi minuman beralkohol.

Uang Anda Akan Menjadi Lebih Banyak

Kecanduan alkohol, terutama wine dan scotch dapat membuat Anda menghabiskan banyak uang. Saat Anda berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol, Anda pun dapat langsung merasakan manfaatnya pada dompet Anda.

Gelisah dan Mudah Marah

Perlu diingat bahwa saat Anda telah berhasil mengatasi kecanduan alkohol Anda, akan ada saatnya di mana Anda merasakan dorongan untuk kembali mengkonsumsi minuman beralkohol. Apalagi, bila Anda sering menggunakan alkohol sebagai pelampiasan emosi. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih mudah marah dan gelisah saat berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol.

Resiko Kanker Menurun, Tetapi Resiko Gangguan Jantung Meningkat

Menurut the National Cancer Institute, konsumsi minuman beralkohol telah diketahui berhubungan dengan peningkatan resiko terjadinya kanker mulut, kanker hati, kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker rektum. Semakin banyak minuman beralkohol yang Anda konsumsi, maka semakin tinggi resiko Anda untuk menderita berbagai jenis kanker di atas.

Akan tetapi, berbagai penelitian telah menemukan bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah sedang dapat menurunkan resiko terjadinya gangguan jantung. Selain itu, berbagai penelitian lainnya juga menemukan bahwa resiko stroke, diabetes, dan kematian dapat sedikit meningkat saat Anda berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol, bila Anda hanya mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedikit sebelum berhenti.

Apapun masalah, keluhan, keraguan sehat Anda #KonsulPakdok lewat aplikasi ..
Pakdok sedia melayani Anda, 24 Jam, pribadi dan rahasia!