Keluarga Sehat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

230

Keluarga yang sehat artinya adalah suatu kondisi atau keadaan sejahtera baik secara fisik, mental, dan sosial yang memungkinkan terciptanya keluarga utuh untuk bisa hidup normal baik secara sosial maupun ekonomi. Berbagai macam penyakit seringkali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup ini tentunya dipengaruhi oleh gaya hidup keluarga, sebagai lingkungan pertama dan utama yang membentuk kebiasaan. Oleh karena itu, pemerintah terus mencanangkan keluarga sehat dengan gerakan hidup sehat untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera. Salah satu gerakan hidup sehat adalah dengan menyebar luaskan slogan CERDIK, yaitu:

  • Cek kesehatan secara rutin
  • Enyahkan asap rokok
  • Rajin aktivitas fisik
  • Diet seimbang
  • Istirahat cukup
  • Kelola stres.

Sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit, pemerintah juga fokus pada tiga program. Yaitu pencegahan, deteksi, dan respon. Sasaran utama pencegahan berada pada pengendalian faktor risiko, seperti lingkungan, perilaku, pengetahuan, dan kewaspadaan. Kemudian, deteksi dilakukan melalui diagnosis dini dan deteksi dini. Selanjutnya, program merespon dilakukan dengan melaporkan penyakit, menangani, dan menggerakan masyarakat.

Dengan adanya program-program tersebut, diharapkan permasalahan kesehatan dapat teratasi dan angka kejadian penyakit dapat menurun. Dengan menurunnya angka kejadian penyakit, diharapkan angka kematian dan disabilitas akibat penyakit juga menurun. Sehingga terciptalah keluarga sehat.

Untuk mengetahui apakah keluarga Anda termasuk ke dalam golongan keluarga sehat, coba perhatikan 12 indikator berikut ini :

  1. Keluarga mengikuti program keluarga berencana (KB)
  2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan yang ada
  3. Bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap
  4. Pertumbuhan balita terus dipantau setiap bulan
  5. Penderita TB paru berobat sesuai standar
  6. Penderita darah tinggi berobat secara teratur
  7. Gangguan jiwa berat tidak disepelekan
  8. Tidak ada anggota keluarga yang merokok
  9. Keluarga memilki akses terhadap air bersih
  10. Keluarga mempunyai akses terhadap jamban sehat
  11. Seluruh anggota keluarga menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau asuransi kesehatan lainnya
  12. ASI eksklusif untuk bayi selama 6 bulan

Pemerintah mengharapkan masyarakat mampu secara mandiri untuk menjaga kesehatannya agar terhindar dari ancaman sakit dan penyakit. Masyarakat diharapkan agar lebih mengerti tentang kesehatan supaya tidak jatuh sakit. Bagaimana? Apakah keluarga Anda sudah termasuk sebagai keluarga sehat? (EDA/CM)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store