Kenali Gejala Kanker Sejak Dini

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

489

Tahukah anda, setiap penyakit pasti memberikan sinyal melalui berbagai jenis gejala awal yang bisa dirasakan oleh para pasien. Demikian juga dengan penyakit kanker, mendeteksi penyakit kanker secara dini dapat membantu pengobatan agar lebih efisien. Kendati demikian, kesadaran orang terhadap penyakit kanker serta strategi pencegahannya masih sangat rendah. Nah, mari kita belajar sekilas tentang gejala dari kanker yang masih menjadi ranking teratas di Indonesia.

  1. Kanker Payudara

Kanker ini probabilitasnya lebih besar pada Wanita berusia 40 tahun ke atas. Wanita yang masih muda harus melakukan pemeriksaan sendiri atau memeriksakan kondisi payudaranya ke dokter setiap tiga tahun sekali. Jika Anda memiliki risiko kanker payudara yang diturunkan dari orangtua atau keluarga Anda, periksakan ke dokter untuk mendapatkan prosedur pemeriksaan USG atau Mammografi.

Gejala awal biasanya berupa benjolan yang keras dan tidak menyakitkan dengan tepian yang tidak teratur. Benjolan juga bisa bulat lunak dan lembut. Kadang keluhan disertai dengan pembengkakan pada sebagian atau keseluruhan payudara, nyeri pada payudara atau puting, dan perubahan bentuk baik pada payudara ataupun (puting tertarik ke dalam). Kulit payudarapun biasanya mengalami perubahan pada tahap lanjut, kulit menjadi lebih tebal, bersisik, kemerahan, gatal, beruam, biasanya tampak khas seperti kulit jeruk. Pada tahap lanjut, ada cairan yang keluar dari puting (bukan ASI) yang berwarna kuning, cokelat, merah, atau bening.

  1. Kanker Serviks

Indonesia menempati nomor dua tertinggi penderita kanker serviks di dunia, dimana terjadi 21.000 kasus kanker serviks setiap tahunnya. Pada tahun 2014, lebih dari 92.000 wanita meninggal karena kanker dan 10,3% di antaranya disebabkan oleh kanker serviks. Semakin dini kanker leher rahim ditemukan, maka angka kesempatan hidup akan semakin besar.

Beberapa gejala klinis penyakit kanker serviks adalah pendarahan setelah berhubungan seksual, pendarahan selain dalam siklus menstruasi (abnormal bleeding), pendarahan setelah menopause. atau keluar cairan atau keputihan berlebihan. Pada fase awal mungkin saja gejala hanya berupa keputihan yang tidak terkait siklus menstruasi dan berbau atau rasa nyeri pada saat berhubungan seksual dengan pasangan.

  1. Kanker Kulit

Kanker ini biasanya terjadi pada orang di bawah usia 30 tahun. Anda dapat melakukan proses skrining sendiri untuk mencegah melanoma dengan mengamati tanda-tanda munculnya bintik-bintik pada kulit Anda. Atau jika kulit Anda terlalu sensitif, kunjungi dokter kulit untuk mengetahui lebih lanjut apakah Anda berisiko terhadap melanoma.

  1. Kanker Prostat

Kanker prostat adalah pertumbuhan sel-sel secara tidak terkendali dalam kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis. Gejala kanker prostat sendiri bervariasi dari masalah dalam seksualitas misalnya gangguan ereksi, hingga gangguan pada fungsi berkemih seperti urin yang mengandung darah dan nyeri pada pinggang.

Jangan menunggu gejala memberat kemudian baru mencari pertolongan. Semakin dini, semakin baik. Kesehatan Anda adalah tanggung jawab Anda sendiri, keep healthy! (RA/CM)

Daftar Pustaka:

  1. https://lifestyle.kompas.com/read/2014/02/04/1340381/Begini.Cara.Kenali.Gejala.Awal.Kanker
  2. https://health.detik.com/berita-detikhealth/1924762/16-jenis-kanker-dan-cara-deteksi-dininya-bag1

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store