KENALI SKRINING KESEHATAN YANG PERLU PADA WANITA

38

Setiap wanita harus meluangkan waktu untuk kebiasaan sehat, olahraga teratur, manajemen stres  dan memilih makanan yang tepat. Menjadwalkan pemeriksaan kesehaan rutin juga dapat mendeteksi potensi penyakit sejak dini sehingga mencegah komplikasi dan meningkatkan kualitas hidup.  Adapun 10 tes penting untuk perempuan sebagai berikut :

  • Pemeriksaan Tekanan Darah

American Heart Association (AHA) mengatakan bahwa jika tekanan darah Anda di bawah 120/80 milimeter merkuri (mmHg), yang merupakan bacaan yang ideal, Anda harus memeriksanya setidaknya sekali setiap dua tahun, mulai dari usia 20. Untuk orang dewasa berusia 40 atau lebih, orang Afrika-Amerika, atau bagi mereka yang memiliki kondisi seperti obesitas yang membuat mereka berisiko lebih tinggi terhadap hipertensi.

  • Periksa Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu faktor untuk menilai risiko Anda terkena penyakit jantung atau stroke. Jika Anda berusia 20 tahun atau lebih, kolesterol Anda harus diukur setidaknya setiap lima tahun. Kadar kolesterol total Anda idealnya harus kurang dari 200 miligram per desiliter (mg/dl), pembacaan tinggi batas antara 200 dan 239 mg/dl. Jika Anda berisiko terkena penyakit jantung atau stroke, buatlah rencana dengan dokter untuk seberapa sering Anda harus menjalani tes darah ini.

  • Pap Smear

Mulai dari usia 21 dan hingga usia 65, Anda harus memiliki Pap smear setiap tiga tahun. Dalam pemeriksaan Pap smear, dokter Anda menggunakan spekulum untuk memperlebar saluran vagina, mengambil sel-sel dari serviks dengan sikat kecil, dan memeriksa sel-sel tersebut untuk perubahan yang dapat menyebabkan kanker serviks

  • Mamogram

Mamogram berfungsi untuk skrining kanker payudara dengan melibatkan sinar Xray. Pedoman terbaru merekomendasikan pemeriksaan ini setiap 2 tahun mulai pada usia 50. American Cancer Society, bagaimanapun, mengatakan bahwa wanita harus memulai pemeriksaan tahunan pada usia 45, dan kemudian dapat beralih ke mammogram dua tahunan pada usia 55 tahun. Jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit ini, atau masalah lain, bicarakan dengan dokter Anda tentang memulai skrining tahunan sebelumnya.

  • Pemeriksaan Kepadatan Tulang

Wanita harus mulai diskrining untuk osteoporosis dengan tes kepadatan tulang pada usia 65 tahun. Mereka yang memiliki faktor risiko osteoporosis, patah tulang atau berat badan rendah, harus diskrining sebelumnya. Frekuensi skrining ini bervariasi tergantung pada kepadatan tulang dan faktor risiko lainnya.

  • Tes Glukosa Darah

Mulai sekitar usia 45, wanita harus mendapatkan tes glukosa darah setiap tiga tahun untuk memeriksa diabetes atau prediabetes. Kisaran untuk tes normal dapat bervariasi, tetapi pembacaan tes glukosa plasma puasa 100 mg/dl atau lebih tinggi menunjukkan bahwa Anda mungkin pradiabetes, sementara bacaan lebih besar dari 126 mg/dl dl menunjukkan diabetes. Jika Anda mengalami obesitas, atau memiliki riwayat keluarga diabetes, atau memiliki ras atau etnis yang berisiko tertentu, Anda mungkin ingin memulai lebih awal dan menjalani skrining lebih sering.

  • Pemeriksaan Kanker Usus Besar

Skrining kanker usus besar harus dimulai pada usia 50. Anda akan menjalani sigmoidoskopi dan kolonoskopi. Jika ada masalah atau Anda memiliki risiko lebih besar terkena kanker usus besar, sigmoidoskopi diulang setiap 5 tahun, dan kolonoskopi setiap 10 tahun.

  • Indeks Massa Tubuh

Mulai usia 18, orang dewasa harus diskrining untuk obesitas, yang biasanya mengharuskan Body Mass Index (BMI) atau indeks massa tubuh Anda dihitung. BMI Anda menunjukkan apakah Anda obesitas atau tidak, suatu kondisi yang meningkatkan risiko masalah kesehatan serius seperti diabetes dan penyakit jantung.

Pastikan anda selalu menanyakan kepada dokter anda mengenai prosedur skrining yang akan dilakukan untuk memeriksa kesehatan anda. (RA/PAY)

Referensi:

10 Health Screening All Women Should Have. https://www.everydayhealth.com/womens-health/10-screenings-all-women-should-have.aspx. Diakses 14 Desember 2019

MedlinePlus. Health Screening for Women Ages 18 to 39. https://medlineplus.gov/ency/article/007462.htm. Diakses 14 Desember 2019

WebMD. Essential Screening Tests Every Woman Needs. https://www.webmd.com/women/ss/slideshow-screening-tests-women. Diakses 14 Desember 2019

SHARE
Previous articlePAP SMEAR
Next articleTIPS MERAWAT KULIT WAJAH