Kenali Stroke Lebih Awal!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

272

Stroke merupakan penyakit yang menjadi “momok” bagi kebanyakan orang karena prognosisnya selalu berkaitan dengan kecacatan dan kematian. Serangan stroke biasanya mendadak sehingga membuat panik orang-orang sekitarnya tanpa tahu langkah apa yang harus dilakukan untuk meringankan penderitaan si pasien. pKondisi ini mengancam nyawa, maka dari itu harus ditangani dengan cepat. Untuk itu sangat penting mengenali stroke sedini mungkin. Berikut ini gejala dan tanda serangan stroke yang perlu diwaspadai:

  1. Tiba-tiba mati rasa atau lemah pada bagian wajah, lengan atau kaki terutama pada satu sisi tubuh.
  2. Tiba-tiba kebingungan dan kesulitan berbicara. Kesulitan bicara bisa saja terjadi konstan atau dapat membaik sementara waktu dan kemudian memburuk lagi. Jangan terkecoh dengan fluktuasi gejala ini.
  3. Penglihatan mendadak terganggu.
  4. Tiba-tiba kesulitan berjalan, kehilangan keseimbangan atau koordinasi
  5. Sakit kepala berat tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya
  6. Penurunan kesadaran. Pasien biasanya sering ditemukan tidak sadar pagi hari di kamar atau kamar mandi, sebagian besar dengan posisi jatuh.

Pencegahan dini dapat mencegah kerusakan yang lebih besar akibat stroke. Berikut beberapa perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit stroke :

  1. Kurangi garam

Mengurangi konsumsi garam dapat menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko stroke

  1. Stop merokok

Perokok memiliki risiko stroke dua kali lipat. Merokok dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah, serta mempercepat penyumbatan di pembuluh darah.

  1. Konsumsi makanan sehat

Kurangi kolesterol “jahat” dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke. Kadar kolesterol harus di bawah 200 mg/dl.

  1. Hidup aktif dan olahraga

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko yang lebih besar memiliki kadar kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes dan stroke. Olahraga dapat mengurangi berat badan sehingga mengurangi risiko penyakit-penyakit tersebut.

Jika mengalami gejala seperti yang telah disebutkan di atas segeralah hubungi dokter dan fasilitas kesehatan terdekat. (EDA/CM)

Sumber:

  1. Muhlisin A. Kenali 4 Tanda Gejala Awal Stroke Dengan Cepat. https://mediskus.com/penyakit/kenali-4-tanda-gejala-awal-stroke-dengan-cepat
  2. Yusepi TT. Cara Cepat Kenali dan Atasi Gejala Stroke. https://liputan6.com/health/read/3145188/cara-cepat-kenali-dan-atasi-gejala-stroke

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store