Kencing Anda Berdarah? Bisa Jadi Anda Menderita Penyakit Ini!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

86

Pernahkah Anda memperhatikan warna air kencing Anda? Warna air kencing yang sehat adalah bening tak berwarna atau sedikit kekuningan. Namun jika air kencing Anda berwarna kuning pekat, bisa jadi Anda mengalami kekurangan cairan dan perlu lebih banyak minum air putih. Bagaimana halnya jika kencing Anda berwarna merah atau berdarah?

Kencing berdarah dalam bahasa medis dikenal dengan hematuria. Kencing yang normal tidak mengandung darah sedikitpun, kecuali pada wanita yang sedang menstruasi. Jika mengandung darah, kencing yang muncul berwarna kecokelatan, merah, atau merah muda terang. Namun, darah dalam kencing tidak selalu dapat terlihat dengan kasat mata, karena pada beberapa kasus akan diperlukan pemeriksaan di bawah mikroskop.

Hematuria sering terlihat sangat menakutkan dan menimbulkan kekhawatiran, namun kondisi ini jarang menjadi pertAnda penyakit yang membahayakan nyawa Anda. Meski begitu, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui penyebab munculnya darah di dalam kencing.

Adapun beberapa penyakit yang dapat menyebabkan kencing berdarah yaitu:

  1. Batu ginjal.

Jika batu cukup kecil, kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi jika batu berukuran besar dan menghalangi salah satu saluran dari ginjal, akan menyebabkan sakit yang parah.

  1. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih sering kali disebabkan oleh bakteri E. Coli. Secara umum gejalanya berupa rasa sakit saat buang air kecil, sering buang air kecil, bau kencing menyengat dan bisa mengandung darah. Jika infeksi terjadi di kandung kemih, Anda akan merasakan tidak nyaman pada perut bagian bawah, sering kencing, dan nyeri saat kencing.

  1. Pembengkakan kelenjar prostat

Pembengkakan kelenjar prostat biasa terjadi pada laki-laki yang telah berusia lanjut. Gejala yang biasa mengikuti adalah keinginan sering buang air kecil namun kesulitan ketika akan membuangnya dan mengosongkan kandung kemih.

  1. Glomerulonefritis

Glumerulonefritis atau radang pada sel glomerulus (sel penyaring pada ginjal) bisa menyebabkan kencing Anda keluar darah. Glomerulus merupakan jaringan kapiler penyususun ginjal yang berfungsi sebagai penyaring pertama dalam proses pembuatan kencing.

  1. Kanker Kandung Kemih

Kanker kandung kemih merupakan pertumbuhan sel tdak normal yang terjadi di kandung kemih. Salah satu gejala kanker kandung kemih adalah kencing berdarah. Selain berdarah, kanker kandung kemih juga bisa menimbulkan sensasi panas saat buang air kecil

  1. Kecelakaan dan olahraga yang terlalu keras

Kondisi ini mungkin jarang sekali terjadi, namun kecelakaan atau olahraga yang teralu keras bisa menyebabkan cedera pada ginjal. Ketika ginjal terluka, darahnya bisa juga terbawa keluar lewat kencing.

7. Obat-obatan.

Obat antikanker seperti cyclophosphamide dan penicillin bisa menyebabkan hematuria. Terkadang, kemunculan darah di kencing juga bisa dipengaruhi oleh obat-obatan pengencer darah seperti aspirin dan heparin.

Untuk memastikan penyebab pasti kencing darah yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan lainnya seperti, pemeriksaan kencing, pemeriksaan darah, ataupun USG. Semua pemeriksaan ini akan disesuaikan dengan kondisi Anda. Semakin dini Anda berobat maka komplikasi penyakit yang lebih parah bisa dihindari. Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk penanganan yang tepat. (RH)

Daftar Pustaka

WebMD (2016). Blood in Kencing (Hematuria).

Mayo Clinic (2017). Diseases and Conditions. Blood in kencing (hematuria).


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store