KESEHATAN IBU: KUNCI KESEHATAN KELUARGA

7

Menjadi ibu adalah suatu pengalaman yang luar biasa. Seorang ibu pasti memiliki rasa puas ketika menyaksikan anak-anak tumbuh dengan perkembangan yang baik dengan mengurus setiap kebutuhan mereka. Sebagai ibu, tidak ada yang lebih penting daripada kesejahteraan anak-anak. Namun, dalam prosesnya, ibu cenderung mengabaikan dan melupakan kesejahteraan ibu sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan seorang ibu terkait langsung dengan kesehatan anaknya bahkan setelah melahirkan. Jadi, sebagai ibu, penting baginya untuk memikirkan kesejahteraan diri sendiri dengan belajar membagi waktu untuk memelihara dan menjaga diri sendiri.

Berikut adalah beberapa tips untuk para ibu tentang cara merawat diri sendiri.

  • Singkirkan Perasaan Merasa Bersalah: ‘Kesalahan Ibu’

Singkirkanlah rasa bersalah yang dilalui setiap ibu, sebagai contoh ini adalah beberapa pertanyaan yang seorang ibu akan tanyakan kepada diri sendiri: “Apakah saya memberi makan anak saya dengan baik?”, “Mungkinkah saya menjadi ibu yang lebih baik?”, “Apakah saya membesarkan anak saya dengan cara yang benar?”, “Bagaimana saya harus menanamkan yang baik sopan santun pada anak saya?”.

Sebelum kekhawatiran dan ketakutan Anda muncul, belajarlah untuk memaafkan diri sendiri dan katakan dengan tenang, “Tidak apa-apa”. Pilihlah untuk berbaik hati pada diri sendiri.

  • Tidur cukup

Cobalah tidur segera setelah si kecil tertidur. Ini akan membantu Anda mendapatkan jumlah tidur yang tepat dan bangun lebih awal dari anak Anda. Tidak ada yang lebih baik daripada istirahat malam yang baik untuk memberi makan diri Anda sendiri untuk menghadapi peluang yang Anda hadapi pada hari berikutnya. Percayalah, ini akan sangat membantu dalam jangka panjang.

  • Nikmati Waktu untuk Diri Sendiri Secara Perlahan

Minum seteguk teh/kopi di pagi hari adalah kebahagiaan bagi sebagian besar orang. Tetapi setelah menjadi seorang ibu, hal itu hanya menjadi rutinitas. Olehnya, biarkan pikiran Anda menghabiskan setidaknya 10 menit menikmati secangkir kopi/teh setiap pagi, sambil menikmati segarnya udara pagi.

  • Habiskan Waktu Sendirian

Ketika anak Anda tidur siang atau pergi dengan kakek/nenek, gunakan waktu untuk diri sendiri. Bahkan jika ada tugas yang menunggu Anda, tunggu sebentar. Duduk saja selama 10-15 menit tanpa melakukan apa pun untuk mengisi ulang energi Anda.

  • Rangkullah ketidaksempurnaan Anda

Tidak ada yang sempurna. Kita semua membuat kesalahan dan belajar darinya. Sebagai seorang ibu, Anda mungkin mengalami kesulitan terhadap tuntutan untuk mengelola rumah. Seorang ibu yang bekerja juga menghadapi tantangan tambahan untuk memenuhi tuntutan di tempat kerja pula. Jadi, berhentilah khawatir tentang kesempurnaan setiap saat dan terimalah diri Anda dengan ketidaksempurnaan dan kekuatan Anda.

  • Nikmati Istirahat Kecil

Kapan pun Anda mendapat kesempatan, pergi keluar dan habiskan waktu bersama pasangan Anda. Berjalan-jalan di pantai, atau rencanakan makan siang atau makan malam bersama. Kebersamaan ini akan mengurangi stres bagi Anda berdua.

Beberapa manfaat pengaturan diri:

  1. Perasaan rileks akan membantu Anda mengatasi stres dengan keseimbangan dan kemudahan sehingga Anda cepat pulih dari masa-masa sulit. Hal ini juga akan membantu Anda merasa tidak terlalu terganggu dan bersikap lebih menyenangkan dengan anak Anda dan anggota keluarga lainnya.
  2. Anak Anda mungkin tidak selalu melakukan apa yang Anda katakan, tetapi ia mungkin mengamati dengan cermat tindakan Anda. Menjadi teladan yang mencerminkan kontrol diri dan nilai-nilai positif lainnya akan membantu anak Anda belajar beberapa pelajaran yang sangat penting dalam menghadapi tantangan dalam hidup.
  3. Mulai terima diri sendiri dengan ketidaksempurnaan Anda. Luaskan tingkat penerimaan yang sama kepada anak Anda dan menghilangkan segala harapan yang tidak realistis yang mungkin Anda miliki sebelumnya.
  4. Anda menemukan kembali hobi atau hasrat Anda yang sudah lama terlupakan.

Ingatlah, bahwa memberikan waktu untuk merawat dan mengatur diri sendiri adalah investasi yang layak, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk keluarga Anda. (LM/PAY)

Referensi:

  • ParentCircle, T. (2019). Mother’S Health: Key To Family Health – Parentcircle. Retrieved 15 October 2019, from https://www.parentcircle.com/article/mothers-health-key-to-family-health/