Ketahui Cara Yang Benar Mencuci Tangan!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

106

Sudahkah Anda membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan dan setelah dari kamar mandi? Tahukah Anda? Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu langkah paling penting untuk mencegah penyakit, lho! Namun ternyata masih banyak dari kita yang meremehkan pentingya menjaga kebersihan tangan.

Perlu diketahui bahwa praktik hand hygiene merupakan langkah awal untuk mencegah penularan kuman penyebab infeksi terutama bagi mereka yang pekerjaan sehari-harinya dilingkungan rumah sakit baik itu tenaga medis maupun nonmedis. Bagi mereka para pekerja yang bekerja di lingkungan rumah sakit tentu sudah tidak asing dengan kebiasaan mencuci tangan ini. Namun, ternyata belum tentu semuanya bisa melakukan praktik cuci tangan dengan benar. Untuk itu, dalam artikel ini akan diulas cara mencuci tangan yang benar sesuai standar World Health Organisation (WHO) dan dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mari simak artikelnya!

Sebelum mencuci tangan, pastikan Anda memiliki sabun dan sumber air mengalir. Alirkan air terlebih dahulu, lalu letakkan sabun (dapat sabun cair atau sabun batang) pada tangan. Jauhkan tangan dari air selama mencuci tangan. Saat mencuci tangan, lakukanlah hal-hal berikut:

  1. Gosok kedua telapak tangan dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.
  2. Gosok kedua punggung tangan. Telapak tangan kanan menggosok punggung tangan kiri. Lakukan pada tangan sebaliknya.
  3. Menggosok sela-sela jari dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dengan kiri.
  4. Gosok bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
  5. Bersihkan ibu jari. Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan. Lakukan pada tangan sebaliknya.
  6. Membersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari sehingga saling bertemu. Kemudian gosokkan pada telapak tangan yang berlawanan. Lakukan pada tangan sebaliknya.

Setelah selesai, bilas kembali tangan di bawah air mengalir hingga bersih. Lakukan selama 15-30 detik. Kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya atau hand dryer. Anda juga dapat menerapkan langkah yang sama saat menggunakan hand sanitizer.

Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan cara terbaik untuk membunuh kuman. Namun bila tidak tersedia, Anda dapat menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol 60% sebagai gantinya. Kendati demikian, penggunaan hand sanitizer tidak dibenarkan jika tangan Anda terdapat kotoran yang sangat kotor dan sulit bersihkan.

Setelah mengetahui pentingnya mencuci tangan dengan sabun, ada baiknya Anda segera mempraktikkan langkah mudah mencuci tangan yang telah dipaparkan di atas, untuk kehidupan sehat bebas penyakit. (RH/STE)

Daftar Pustaka

World Health Organisation. 2009. Hand Hygiene: Why, How, & When?


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store