KETAHUI JADWAL PEMERIKSAAN KEHAMILAN YANG TEPAT

5

Bagi ibu hamil apalagi hamil anak pertama, biasanya bingung tentang jadwal pemeriksaan kehamilannya. Seperti diketahui pemeriksaan kehamilan, atau yang juga sering disebut sebagai antenatal care, bertujuan untuk membantu dokter mengetahui kondisi kesehatan tubuh ibu dan janin, sehingga ia dapat mencegah hal-hal buruk terjadi pada ibu dan calon bayi.

Menurut WHO Idealnya setiap ibu hamil wajib melakukan kunjungan antenatal yang komprehensif dan berkualitas minimal 8 kali, yang terdiri dari:

  • Trimester pertama: 1 kali periksa kandungan (minggu ke-12), plus USG
  • Trimester kedua: 2 kali (minggu ke-20 ditambah dengan USG, dan minggu ke-26)
  • Trimester ketiga: 5 kali (minggu ke-30, 34, 36, 38, dan 40); tambahan 1 kali kunjungan pada minggu ke 41, apabila belum kunjung melahirkan.

Namun terdapat juga kemungkinan bahwa Anda diharuskan untuk lebih sering kontrol ke dokter, yaitu jika Anda:

  • Hamil diatas usia 35 tahun.
  • Berisiko melahirkan secara prematur.
  • Mengalami komplikasi kehamilan.
  • Memiliki riwayat penyakit, seperti asma, lupus, anemia, diabetes, tekanan darah tinggi, atau obesitas.

Saat pertama kali melakukan pemeriksaan kehamilan, dokter akan menanyakan kesehatan Anda secara menyeluruh. Termasuk siklus menstruasi, penyakit yang pernah Anda dan keluarga alami, gaya hidup, dan obat-obatan yang Anda konsumsi. Jika ini bukan kehamilan pertama Anda, dokter mungkin akan bertanya mengenai pengalaman kehamilan Anda sebelumnya.

Untuk pemeriksaan fisik, yang dilakukan adalah pemeriksaan fisik dasar seperti mengukur  suhu tubuh, lingkar lengan atas, tekanan darah, berat dan tinggi badan, tingkat Hb, kadar protein dalam urin (tes urin), cek gula darah, hingga tes darah total untuk risiko penyakit (infeksi virus dan bakteri, serta penyakit lainnya, seperti talassemia). Selain itu pemeriksaan penunjang lain yang umum dilakukan untuk melihat kondisi kesehatan janin yaitu USG.

Pada umumnya, apa yang akan diperiksa oleh dokter terkait kehamilan akan tergantung pada usia Anda saat hamil, riwayat kesehatan Anda atau keluarga, atau berdasarkan hasil tes rutin Anda. Jika Anda dicurigai memiliki risiko terkait kondisi kesehatan tertentu, Anda mungkin juga akan diminta untuk melakukan berbagai tes kesehatan yang terkait untuk memastikan diagnosisnya.

Waktu perkiraan bayi lahir juga biasanya dibicarakan pada kunjungan pertama. Pada kesempatan ini, Anda bisa bertanya mengenai berbagai hal mengenai kehamilan. Mulai dari seperti apa saja asupan yang harus dikonsumsi dan dihindari oleh ibu hamil, obat atau vitamin yang haru diminum ibu hamil , olahraga yang aman untuk ibu hamil, hingga berhubungan seks saat hamil

Kehamilan merupakan masa yang rentan. Penting untuk meluangkan waktu ekstra untuk memerhatikan kondisi Anda dan bayi dalam kandungan. Yuk periksakan kandungan ke dokter atau bidan terdekat untuk mengoptimalkan kesehatan dan keselamatan ibu dan Si Kecil, ya. (RH)

Referensi

World Health Organization WHO (2016). New Guidelines on antenatal care for a positive pregnancy experience.

Johnson, T. WebMD (2016). How Often Do I Need Prenatal Visits?