Ketahui Manfaat Posyandu Bagi Ibu Dan Anak

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

140

Pemantauan pertumbuhan balita sangat penting dilakukan untuk mengetahui adanya gangguan pertumbuhan sejak dini. Pemantauan ini dapat dilakukan di berbagai sarana kesehatan di masyarakat, salah satunya posyandu.

Posyandu  (Pos  Pelayanan  Terpadu) sendiri merupakan  salah  satu  bentuk Upaya   Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang  dilaksanakan  oleh,  dari, dan  bersama  masyarakat,  untuk  memberdayakan  dan  memberikan  kemudahan kepada  masyarakat  guna  memperoleh  pelayanan  kesehatan  bagi  ibu,  bayi  dan anak balita. Posyandu ini dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali  dalam  sebulan, sesuai hari yang disepakati bersama.

Adapun 5 kegiatan utama posyandu yaitu;

  • Kesehatan ibu dan anak

Kegiatan seputar kesehatan ibu meliputi skrining ibu usia produktif dan ibu hamil dengan kurang energi kronik (KEK), pemberian suplemen penambah darah untuk ibu hamil, serta pemeriksaan kehamilan rutin dengan menggunakan buku panduan kesehatan ibu dan anak atau buku KIA. Sedangkan kegiatan posyandu yang mendukung kesehatan anak antara lain penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi serentak, pemantauan tumbuh kembang anak menggunakan grafik pada buku KIA, pemberian vitamin A dan suplemen Fe, pelayanan imunisasi, serta pemberian makanan tambahan untuk bayi gizi kurang atau bayi gizi buruk.

  • Keluarga berencana

Pada program keluarga berencana, posyandu memberikan waktu dan ruang untuk pasangan suami istri melakukan konsultasi seputar program KB yang akan mereka jalani.

  • Imunisasi

Selain imunisasi dasar, posyandu juga melayani imunisasi tambahan untuk penyakit-penyakit tertentu seperti difteri. Selain itu, posyandu juga melayani imunisasi ulangan atau booster untuk anak Anda.

  • Pemantauan gizi

Pemantauan gizi yang dilakukan posyandu tidak hanya pada ibu dan anak saja, tetapi juga pada lansia. Pemberian makanan tambahan atau snack pada lansia juga rutin dilakukan, seperti pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil dan anak gizi kurang ataupun gizi buruk.

  • Pencegahan dan penanggulangan diare

Pada program pencegahan dan penanggulangan diare, posyandu memberikan oralit serta suplemen zinc pada penderita diare, khususnya anak-anak. Selain itu, posyandu juga melakukan kunjungan rumah untuk memantau kesehatan lingkungan berkaitan dengan kejadian diare, serta edukasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pada masyarakat untuk mencegah diare.

Walaupun kegiatan ini sudah sering dilakukan namun dari hasil pengamatan dilapangan tampak bahwa, angka kunjungan posyandu semakin lama semakin rendah. Terutama bagi anak-anak usia 3 tahun keatas, pengukuran berat badan jadi lebih jarang dilakukan. Selain itu minat warga mendatangi posyandu menurun drastis seiring dengan bertambah padatnya aktivitas perekonomian. Para orang tua biasanya lebih memilih untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak mengenai kesehatan buah hatinya.

Namun tahukah Anda, ternyata banyak manfaat yang moms dan si kecil bisa dapatkan ketika mengikuti kegiatan posyandu, diantaranya :

  1. Memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, dan anak balita.
  2. Pertumbuhan anak balita terpantau sehingga tidak menderita gizi kurang atau gizi buruk.
  3. Bayi dan anak balita mendapatkan kapsul Vitamin A.
  4. Bayi memperoleh imunisasi lengkap.
  5. Ibu hamil akan terpantau berat badannya dan memperoleh tablet tambah darah (Fe) serta imunisasi Tetanus Toksoid (TT).
  6. Ibu nifas memperoleh kapsul Vitamin A dan tablet tambah darah (Fe).
  7. Memperoleh penyuluhan kesehatan terkait tentang kesehatan ibu dan anak.
  8. Apabila terdapat kelainan pada bayi, anak balita, ibu hamil, ibu nifas dan ibu menyusui dapat segera diketahui dan dirujuk ke puskesmas.
  9. Dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang kesehatan ibu, bayi, dan anak balita.

Mari datang ke posyandu, untuk ibu dan anak yang lebih sehat! (RH/STE)

Daftar Pustaka

Kementerian Kesehatan RI Pusat Promosi Kesehatan. Ayo ke POSYANDU Setiap Bulan. Jakarta. 2012


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store